106 KPU se-Intim Kumpul di Kendari

Hidayatullah, Ketua KPU Sultra

LENTERASULTRA.com-Sampai tiga hari mendatang, atau hingga Minggu (15/10), personil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra bakal sangat sibuk. Sebuah kepercayaan besar tengah mereka panggul. Jadi tuan rumah acara besar, bertajuk Bimbingan Teknis Pilkada 2018.

KPU RI memercayakan aparatnya di Bumi Anoa untuk mengurusi ratusan tetamu dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya dari Indonesia Timur (Intim). Setidaknya akan ada 106 KPU yang akan hadir. 97 dari kabupaten/kota, 9 lainnya KPU level Provinsi.

“Data yang kami terima, ada 318 orang komisioner yang akan hadir. Ditambah stafnya tentu saja,” Hidayatullah, Ketua KPU Sultra menyebut jumlah tetamu yang akan ia jamu.

Dayat-sapaanya-menyebut, sembilan KPU level provinsi itu hadir dari Papua, Maluku, Maluku Utara, Sulbar, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat. “Semua datang bersama KPU di tingkat kabupaten/kota masing-masing daerah itu,” jelasnya.

Acara bertajuk Bimbingan Teknis Terpadu Nasional Pilkada 2018 ini bakal dipusatkan di sebuah hotel besar di Kendari. “Kamis (12/10) malam dibuka,” cerita Dayat.

Enam komisioner KPU RI, Komisi II DPR RI, Bawaslu RI, DKPP RI, Komisi Informasi dijadwalkan hadir di acara pembukaan itu. “Agenda utamanya membahas tahapan Pilkada serentak 2018 baik Pilgub, Pilbup dan Pilwali,” tambah mantan aktivis anti korupsi itu.

Beberapa hal yang nanti dibicarakan di forum ini, tambah pria ramah tersebut, mulai dari pemutakhiran data pemilih, pembentukan badan ad hoc, pencalonan, sengketa, pelaporan harta kekayaan, pemeriksaan kesehatan calon, hingga pelaporan dana kampanye.(isma)

Editor : Sarfiayanti

KPUPilgub