UMK Fokus Ciptakan Wirausaha Baru

FOTO : ASTIL/LENTERASULTRA.com
Mahasiswa UMK yang menjadi sasara program IBK, program mencetak wirausaha baru dari kampus

LENTERASULTRA.com-Belum lama ini, Universitas Muhammadiyah Kendari sukses memenangkan program hibah pengabdian masyarakat dari Kementrian Ristek dan Pendidikan Tinggi. Program bertajuk Iptek bagi Kewirausahaan (IBK) itu disiapkan untuk mencetak generasi bermental wirausaha.

Berbekal hibah itulah, UMK kini getol melakukan berbagai kegiatan guna menjaring wirausaha baru dari kalangan muda. “Kita bikini seminar, dan pelatihan kewirausahaan,” sebut Lely Okmawaty Anwar, Ketua IBK UMK, Sabtu (7/10) siang.

Nah, setelah menggelar pelatihan dan seminar, dipilih beberapa unit wirausaha dari mahasiswa yang layak mendapatkan suntikan modal. “Agar mereka bisa menjalankan rencana usahanya,” kata Lely, di ruangannya di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMK.

Peserta yang mengikuti seleksi kata dia, ada 35 orang dan yang lolos seleksi ada 20 orang dan yang mendapatkan bantuan pencairan dana tahap awal yakni 5 kelompok. Tiap kelompoknya diberi dana awal Rp 2 juta.

“Dana ini diberikan namun tetap diwajibkan bagi mahasiwa untuk setiap bulannya melakukan pelaporan terkait dengan pengembangan usaha yang mereka jalankan, terangnya.

Kemenristek Dikti, kata Lely, telah memberikan pernyataan bahwa dana yang akan diberikan kepada Unit Iptek bagi kewirausahaan (ibk) UMK, sebesar Rp 125 juta per tahun untuk menjalankan kegiatan ini. Namun dengan syarat bahwa ada pelaporan dan koordinasi yang sehat kepada Kemenristek.

“Program ini akan berjalan selama 3 tahun,” katanya. Kegiatan ini akan sangat membantu mahasiswa dan alumni UMK, demi mencetak wirausahwa yang kompeten di bidangnya dan mampu memberikan inspirasi kepada adik-adik kelasnya yang ingin berwirausahaan.(astil)

Editor : Sarfiayanti

UMK