Banyak Traffic Light di Kendari Tak Berfungsi

MUh Ali, Aksa Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari

LENTERASULTRA.com-Para pengguna jalan di Kota Kendari, khususnya pengedara kendaraan bermotor sebaiknya lebih awas saat melintas di tiap perempatan jalan. Hampir semua traffic light alias lampu merah, kini tak berfungsi, bahkan ada yang rusak total.

Traffic light di kawasan Jalan Abdullah Silondae misalnya. Pengantur lalu lintas di depan Masjid Agung Al Kautsar itu rusak total sehingga lalu lintas yang melintas menjadi tidak beraturan.

Akibat dari kerusakan tersebut, lalu lintas yang melewati traffic light itu tidak teratur sehingga menjadi kacau balau. Apalagi, ego para pengendara tidak ada yang mau mengalah dan terburu-buruh.

“Seharusnya, para pengendara lebih bersabar dan mengurangi kecepatannya saat melewati traffic light yang rusak,” imbau Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari, Ali Aksa.

Kata Ali, kerusakan yang terjadi memang cukup parah sehingga butuh anggaran yang cukup besar juga. Di beberapa titik yang rusak total cukup fatal karena adanya kerusakan jaringan.

“Usia lampu merah juga sudah tua sehingga transmisinya terhambat. Jadi bukan hanya lampunya saja yang mati tetapi jaringannya butuh perhatian khusus dan harus dipelajari,” ungkap Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) KotabKendari itu.

Pihaknya sudah mendata sejumlah traffic light yang mengalami kerusakan tersebut. Hanya saja terbentur pada anggaran sehingga upaya perbaikan ikut tertunda.

Ali Aksa sudah mengusulkan anggarannya dalam APBD-P tahun 2017. Kelak usulan anggarannya disetujui,  maka langsung dilakukan tindakan perbaikan.

“Kami sih ingin secepatnya, namun sekali lagi belum ada dana. Sebab di APBD reguler tidak dianggarakan. Jadi kita masih menuggu anggaran yang kami usulkan. Insya Allah secepatnya sebab ABPD-P sudah dibahas di DPRD Kota Kendari,” pungkas Ali Aksa. (Isma)

AsrunPU