Ngopi di Hotel Clarion Kendari Kini Gratis

LENTERASULTRA.com-Pernah dengar tentang hari kopi sedunia? Mungkin tak semua orang tahu soal itu, karena memang relatif asing. Secara resmi namanya adalah International Coffee Day, yang jatuh tiap 1 Oktober.

Nah, di Kendari, hanya Carita Lounge Clarion Hotel yang ingat soal International Coffee Day ini. Sebagai apresiasi terhadap para pencinta kopi, manajemen hotel ternama di Sultra itu menawarkan suguhan kopi spesial, tanpa bayar alias gratis.

“Silahkan ajak kawan, kerabat untuk datang menikmati kopi yang diracik barista terbaik kami. Tak ada syarat apapun,” Richy, Public Relation (PR) Grand Clarion Hotel Kendari, berpromosi. Jadi, bagi mereka yang ingin menikmati suguhan kopi berkualias, tanpa pusing dengan harga, disilahkan ke Clarion Hotel.

Kata Richy, suguhan kopi berkelas ini bisa dinikmati mulai Jumat, 29 September hingga Minggu, 1 Oktober. “Jangan lewatkan kesempatan ini. Selain kopi, ada beragam menu pilihan lain di Carita Lounge Clarion Hotel,” tambahnya.

Tapi, mereka yang ingin menikmati kopi gratis ini juga mesti tahu waktu. Pihak hotel baru bisa melayani peminat promo ini mulai pukul 12.00 Wita sempai pukul 02.00. Artinya, kalau pagi hari, harga berlaku normal.

Sebagai referensi, awalnya ada dua versi soal peringatan Hari Kopi Internasional. Versi pertama menyebut 29 September, sementara lainnya menyebut 1 Oktober untuk International Coffee Day .

Setidaknya, ada 17 negara yang merayakan Hari Kopi pada 29 September, diantaranya Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, Skotlandia, Ethiopia, Britania Raya, dan Australia.

Bagaimana dengan 1 Oktober? Kemunculannya sebagai International Coffee Day diresmikan oleh International Coffee Organization (ICO) di Kota London, Inggris pada 2015.

Sebelumnya, sidang ICO pada Maret 2014, negara-negara yang tergabung didalamnya sepakat mengatur perayaan pertama Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober 2015 untuk membuat satu hari perayaan bagi pencinta kopi seluruh dunia.

ICO merupakan organisasi antar pemerintah untuk kopi untuk menyatukan ekspor dan impor menghadapi tantangan perkopian dunia melalui kerjasama internasional.

Hari Kopi Internasional menjadi perayaan global perjalanan kopi dari hulu ke hilir. Peringatan ini juga merupakan kesempatan menghormati pria dan wanita yang tumbuh dan panen bersama kopi.

Bagaimana dengan Indonesia? Hari Kopi Nasional juga ditetapkan pada 1 Oktober. Sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar dunia dan bergabung dalam ICO, Indonesia pun turut merayakannya. (isma)

Selamat Merayakan Hari Kopi..!

Editor : Yanti Aprilianti

clarionKopi