16 Tahun UMK Cerdaskan Warga Sultra

FOTO : WD ISMAWATI/LENTERA SULTRA.com
Sivitas akademik UMK berfoto bersama di podium, di sela-sela acara jalan santai memperingati HUT UMK, Minggu (24/9) pagi

LENTERASULTRA.com- Tahun ini, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) genap berusia 16 tahun. Diusianya yang menanjak dewasa, kampus berbasis Islam itu sudah berkontribusi besar meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Sulawesi Tenggara.

Dalam memperingati miladnya, UMK menyelenggarakan jalan santai. Kegiatan itu diikuti ribuan peserta termasuk mahasiswa, dosen, dekan, termasuk pimpinan universitas di tugu religi eks lokasi MTQ.

Wakil Rektor 1 yang juga bertindak  sebagai ketua pelaksana kegiatan, Yamin mengatakan, UMK memang masih sangat muda, akan tetapi masyatakat sudah mulai menaruh kepercayaan sebagai salah satu PT di Bumi Anoa ini. Oleh karena itu, kini kampus tersebut menjadi kampus kebanggaan masyarakat. Itu dibuktikan dengan lulusan-lulusan yang kompeten dan kompetitif yang ditelorkan setiap tahunnya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada selutuh masyarakat Sultra untuk menguliahkan anak-anaknya di UMK. Dengan kepercayaan itu, kami akan selalu berusaha melakukan yang terbaik.

UMK terus meningkatkan mutu atau kualitasnya. Salah satu buktinua, sebanyak 13 program studi yang ada, sudah 90 persen terakreditasi B. “Dalam perkuliahan, kami juga terus berinovasi. Termasuk dalam pelaksanaan catur darma perguruan tinggi. Bukan hanya dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, tetapi juga ahlakul karimah,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Kendari, Musadar Mappasomba, menambahkan, UMK sebagai salah satu universitas Islam terdepan di Sultra, sehingga harus tetap eksis dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya.

“Saya mewakili Pemkot Kendari, menghaturkan terima kasih kepada seluruh civitas UMK yang terus berkiat untuk mencerdaskan masyarakat Kota Kendari,” cetusnya.

Lanjutnya Musaddar, UMK sudah memberikan kontribusi besar untuk mencerdaskan masyarakat Sultra pada umumnya dan Kota Kendari khususnya. Suatu kebanggaan bagi pemerintah, sebab sudah ikut andil dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“UMK harus selangkah lebih maju. Berbuatlah sebelum orang memikirkan sehingga dengan cara itu, maka akan semakin  berkibar  dalam mencerdaskan anak bangsa,” tutupnya. (Isma)

Editor : Yanti Aprilianti

kampusUMK