Ridwan Bae Komitmen Perjuangkan Sultra

FOTO ISTIMEWA
Jalan usaha tani di Desa Langkoroni, Maligano, Muna. Jalan ini dibangun berkat usaha anggota DPR RI yang mengusulkan agar masuk di PISEW

LENTERASULTRA.com-Kontribusi besar terhadap Sulawesi Tenggara (Sultra) terus ditunjukan Ridwan Bae. Anggota DPR RI ini tidak saja fokus mendorong masuknya proyek-proyek skala besar masuk di Bumi Anoa, termasuk juga yang kecil.

Masyarakat Maligano, di Kabupaten Muna kini merasakan itu. Tahun ini, lewat Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), tiga desa di kecamatan itu menikmati sentuhan peradaban. Ada pembangunan jalan usaha tani, deuker, jembatan hingga pembangunan tempat penjualan ikan.

“Total semuanya Rp 600 Jutaan. Lewat Kementrian PU, yang diusulkan oleh Pak Ridwan,” terang Muhammad Rahim, tenaga ahli DPR RI. Tiga desa yang tahun ini sedang menuntaskan program-program itu adalah Desa Langkoroni, Latomba dan Raimuna.

Rahim kebetulan putra daerah wilayah Muna bagian Timur. Diberi kepercayaan mendampingi Ridwan sebagai tenaga ahli, ia tak melupakan wilayahnya. Aspirasi dari kampungnya ia bawa, dan ikut diusulkan agar masuk dalam pendanaan PISEW. “Masyarakat tentu saja senang dan sangat mengapresiasi perhatian Pak Ridwan Bae ini,” akunya.

Semua program itu memang usulan dari masyarakat, mengingat kebutuhan yang mendesak. Penjuala ikan di Desa Latomba misalnya, itu karena sejauh ini belum ada tempat higienis dan representatif bagi para nelayan untuk menjual hasil tangkapannya.

“Jalan usaha tani di Desa Langkoroni meski hanya 1 kilometer tapi sangat membantu warga untuk mengakses lahan pertanian mereka dengan kendaraan, sekarang sudah selesai dan sudah dimanfaatkan,” Rahim menambah penjelasannya.

Drainase di Desa Latompa, sepanjang 400 meter yang juga dibangun lewat program PISEW

Sedangkan di Desa Raimuna, para pekerja sedang merampungkan drainase dan plat deker. Kebutuhan ini mengingat di salah satu titik di desa itu seringkali banjir karena luapan air yang tak mengalir bagus.

Sementara itu, Ridwan Bae mengaku dukungan dirinya agar PISEW masuk ke Maligano adalah bentuk tanggungjawabnya kepada masyarakat di kecamatan itu, khususnya di Muna bagian Timur yang sudah memberinya amanah untuk duduk di DPR RI.

“Ini komitmen saya terhadap rakyat di Sultra, termasuk tentu saja di Maligano. Kepercayaan mereka kita jawab dengan karya. Di DPR RI, kami bisa mengusulkan hal-hal seperti ini di Kementrian. Semoga tahun mendatang, program di Maligano akan bisa bertambah,” kata mantan Bupati Muna itu.

Untuk diketahui, PISEW adalah program yang menyentuh desa secara utuh. Fokusnya untuk menangani infrastruktur pedesaan dalam skala kecil seperti jalan sentra produksi, jalan lingkungan.(isma)

Editor : M Rioddha

drainaseMaliganoRidwan