MAN IC Gelar Talk Show Bertajuk 1 Muharram

Suasana talk show menyambut tahun baru Islam, 1439 Hijriah di MAN IC Kendari, Kamis (21/9)

LENTERASULTRA.com-Dalam rangka menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1439 Hijriah, Madratsah Aliyah Negeri Insan Cendekian (MAN IC) Kendari, menggelar talk show. Dalam acara tersebut dihadirkan narasumber Drs. K.H. Muslim, M.Si., Ketua Tanfidziyah Pimpinan Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Sulawesi Tenggara (Sultra).
Tema yang diusung dalam talk show tersebut adalah momentum hijrah menuju perubahan hidup yang lebih baik. Seluruh siswa dan dewan guru antusias berpartisipasi yang dilaksanakan di kampus MAN IC, Kamis 21/9/2017.
Kepala MAN IC Kendari, Dr. Abdul Basit mengungkapkan, rangkaian kegiatan tahun baru Islam di MAN IC Kendari dimulai dari Rabu malam deng Dzikir bersama yang diakhiri dg membaca do’a menyambut awal tahun baru Islam.
“Kami juga mengutus siswa dalam pawai kirab Muharram yang diselenggarakan oleh Kantor Kementrian Agama Sultra. Ini ada momen besar yang perlu ditanamkan pada santri dan santriwati akan pentingnya hari tersebut. Mereka harus paham apa makna dari hari kebesaran itu,” ungkap Basit.
Oleh karena itu, sambung dia, tujuannya tak lain agar siswa lebih memahami tetang hikmah tahun baru Hijriyah. Didalamnya juga menyangkut pengenalan terkait perhitungan kalender Islam pada siswa.
“Siswa harus mampu memaknai hijrah dengan kondisi kekinian di era modern ini. Yakni, hijrah dari kebodohan, kemiskinan, serta dari pengaruh dari kultur atau budaya asing,” tegasnya. Dia menambahkan, termasuk hijrah dari pengaruh sosial media sebab didalamnya banyak terjadi aksi kriminal.
Talkshow kali ini dikemas dengan suasana akrab antara narasumber dan siswa sehingga terbangun dialog yang aktif. (isma)
Editor : Yanti Aprilianti

IslamMAN ICMuharram