KPU Kendari Sasar Pemilih Pemula

FOTO : ISMA
Lebih dari 100 orang siswa SMA 4 Kendari dengan serius mengikuti sosialisasi pemilih Pemula yang digelar KPU Kota Kendari, usai Jumat kemarin

LENTRASULTRA.com: Dalam rangka menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, terus menyosialisasikan tahapan pemilu kepada masyarakat. Pemilih pemula, tak luput menjadi sasaran sosialisasi itu.

Bertajuk sosialisasi road to school, KPU mengunjungi SMA sederajat di Kota Kendari. Tujuannya, meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam menumbuhkan semangat demokrasi anak bangsa.

Pada Jumat 15/9 kemarin, tim KPU mengajak puluhan siswa SMAN 4 Kendari menjadi pemilih yang cerdas.

“Ini merupakan salah satu pendekatan untuk mengenalkan tahapan pemilu kepada siswa. Utamanya, kelas XI. Pada Juni mendatang pasti sudah memasuki usia 17 tahun. Artinya, mereka sudah berhak serta wajib untuk memilih atau menyalurkan suaranya,” ungkap Yasir, Divisi Umum KPU Kota Kendari, Jumat 15/9 kemarin saat ditemui di SMAN 4 Kendari.

Sambung Yasir, KPU Kendari mengenalkan bagaimana menyalurkan suara kepada kepada pemilih pemula. Dalam hal ini, mereka merupakan penentu Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk lima tahun mendatang.

“Siswa SMA ini kan masih baru jadi perlu dikenalkan bagaimana tahapan pemilihan. Kami juga ikut memberi pemahaman bagaimana jadi pemilih yang baik. Harus sedini mungkin diberikan pemahaman untuk menghindari politik uang, agar tetap mengikuti hati nurani dalam menentukan pilihan,” paparnya.

Oleh karena itu, tambah Yasir, pemilih pemula harus paham bahwa dirinya ikut menentukan masa depan bangsa. Sebagai warga negara yang baik, mereka harus menyalurkan hak pilihnya kepada calon yang dianggap tepat.

“Jangan memilih karena ikut-ikut saja, mentang-mentang sudah berhak memilih. Lebih bagus lagi jika mereka mengetahui kualitas  pilihannya,” tambah dia.

Ia berharap, dengan sosialisasi melalui road to school dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula Kota Kendari. (isma)

Editor : Yanti Aprilianti

KPUPilgub