Empat Jabatan Kadis Masih Kosong, Pemkab Bombana Segera Buka Seleksi

122
Pj Bupati Bombana menyalami pejabat eselon dua yang baru dilantiknya, sekira Juni lalu. Hanya saja, masih ada empat jabatan kepala OPD yang kosong dan segera dicari yang pantas mengisi jabatan itu. FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Pemkab Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara belum semuanya memiliki pimpinan definitif. Dari 30-an organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada, empat diantaranya masih kosong. Untuk sementara, empat kursi eselon dua ini dikendalikan oleh pejabat eselon dua dan tiga dengan status sebagai Pelaksana tugas atau Plt.

Empat jabatan eselon dua di Pemkab Bombana yang belum memiliki pimpinan definitif yakni, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfos), Asisten Administrasi Pemerintahan dan Hukum serta Asisten Ekonomi dan Pembangunan.  Kosongnya empat jabatan tersebut, selain karena pejabatnya berpindah tugas ke OPD lain, juga karena masa tugas pimpinannya sebagai aparatur sipil negara (ASN) telah memasuki batas usia pensiun.

Kosongnya empat JPTP itu membuat empat ASN di Pemkab Bombana rangkap jabatan. Sebab, selain menjadi kepala OPD ditempat lain, mereka juga diberi tugas tambahan memimpin organisasi yang kosong tersebut. Untuk posisi Kepala BKPSDM dipercayakan kepada Deddy Fan Alva Slamet. Jabatan definitifnya, Sekretaris di OPD yang sama. Kursi Kepala Dinas Kominfos diamanahkan sementara kepada Rusdiamin, yang saat ini menjabat Asisten Administrasi Umum.

Sedangkan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Hukum dipercayakan sementara kepada Rustam, staf ahli pemerintahan dan hukum. Sementara Asiten Ekonomi dan Pembangunan dipercayakan kepada Musdalifa, yang saat ini bertugas sebagai Kepala bagian Kesejahteraan Rakyat. “Kita akan segera cari figur yang tepat untuk mengisi kosongnya empat jabatan itu,” kata Edy Suharmanto, Pj Bupati Bombana.

Caranya, kata Edy, pihaknya akan menggelar seleksi terbuka alias assesmen terhadap empat posisi tersebut. Saat ini, dia telah memerintahkan Plt Kepala BKPSDM untuk mengusulkan berbagai tahapan yang akan dilakukan termasuk mengajukan pengusulan ke Komisi Aparatur Sipil Negara, Badan Kepegawaian Negara hingga Kementerian Dalam Negeri.

Plt Kepala BKPSDM Bombana. Dedi Van Alva Slamet (tengah) berkoordinasi dengan Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto (kanan) dan Sekda Bombana Man Arfa (kiri). Foto : Adhi

 

Plt Kepala BKPSDM Bombana, Deddy Van Alva Slamet menambahkan, rencana seleksi terbuka terhadap empat jabatan eselon dua itu sudah mulai disiapkan. Olehnya itu, kepada ASN yang ingin menjadi kepala OPD di empat JPTP itu, segera mempersiapkan diri. Hanya saja, Sekretaris BKPSDM ini belum memastikan kapan seleksi terbuka mulai dilaksanakan.

Namun mantan Plt Direktur Perusahaan Daerah Bombana ini memperkirakan seleksi terbuka calon JPTP di empat OPD itu akan dimulai di bulan Juli 2024 ini. “Kami lagi menyiapkan tahapan pelaksanaannya. Termasuk mengajukan permohonan panitia seleksi dan rencana asesmen di KASN. Mudah-mudahan bulan Juli ini, seleksi terbuka sudah bisa dilaksanakan,” kata Deddy sapaan akrabnya, saat dihubungi via ponselnya, Kamis, 4 Juli 2024. (adv)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU