Tiga Mantan Penguasa Reuni di Ulang Tahun Bombana

6,728
Tiga mantan penguasa Bombana yakni H Tafdil (kiri), Hj Sitti Saleha (tengah) dan paling kanan, Burhanuddin. Ketiganya  bertemu dan berfoto bersama di acara HUT ke 20 Bombana di Poleang. Mereka memperlihatkan kesejukan yang luar biasa. FOTO ADHI

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Ulang tahun ke 20 Kabupaten Bombana terasa sangat istimewa. Tak hanya menghadirkan kemeriahan, tapi juga memunculkan harmoni. Saat puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) Bombana di Lapangan Boepinang, Kecamatan Poleang, Senin (18/12/2023) ada pemandangan menyejukan yang dilihat banyak orang. Tiga mantan bupati dari era berbeda, hadir dan mengikuti seluruh rangkaian acara peringatan dua dekade Bombana retas.

Mereka adalah Tafdil, Bupati Bombana periode 2011-2016 dan 2017-2022. Lalu ada Sitti Saleha, Penjabat (Pj) Bupati periode 2016-2017 dan yang paling istimewa adalah kehadiran Burhanuddin, Pj Bupati Bombana periode 2022-2023, yang baru tiga pekan lalu mengakhiri pengabdiannya. Ketiganya bahkan datang di lokasi acara di kawasan Pelabuhan Boepinang, hampir bersamaan.

Tafdil, terlihat muncul lebih awal. Bupati Bombana dua periode ini tiba sekitar pukul 07.40 Wita. Ketua PAN Bombana itu tak sendiri, dia didampingi istrinya, Andi Nirwana, yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI utusan Sulawesi Tenggara, periode 2019-2024. Pasangan ini datang dengan menumpangi mobil Toyota Hiace terbaru berwarna silver bernomor polisi B 7900 KDA.

Tujuh menit kemudian, muncul Hj Sitti Saleha. Pj Bupati Bombana periode 2016-2017 ini datang dengan menumpangi mobil dinas bernomor polisi DT 27. Mobil pelat merah ini, merupakan tunggangannya sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Pemprov Sulawesi Tenggara. Saleha tidak sendiri. Saat turun dari mobil dinasnya, ada Masyhura Ila Ladamay, Wakil Bupati Bombana periode 2011-2016 ikut bersama Ketua Kerukunan Keluarga Moronene (KKM) Sulawesi Tenggara itu.

Sekitar pukul 08.17 Wita, giliran Burhanuddin yang hadir menghadiri HUT ke-20 Bombana. Pj Bupati Bombana yang belum genap sebulan meninggalkan jabatannya ini, hadir bersama istrinya, Fatmawati Kasim Marewa. Mantan Pj Bupati dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana periode 2022-2023 datang dengan menumpangi mobil Toyota Fortuner, berpelat merah dengan nomor polisi DT 37. Saat ini, Burhanuddin, tercatat sebagai Kepala Dinas Sosial, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Anggota DPD RI, Andi Nirwana, yang juga mantan Ketua Tim Penggerak PKK Bombana (kerudung biru) terlihat berbincang akrab dengan mantan Pj Bupati Bombana, Sitti Saleha di acara HUT Bombana, Senin, 18 Desember 2023. FOTO  ADHI

 

Related Posts

PKS Menang Besar di Dapil Kabaena

Tiga mantan penguasa di bekas otorita Kabupaten Buton itu, datang dengan mengenakan baju adat Moronene, pakaian adat penduduk asli Bombana. Khusus bajunya, kompak berwarna hitam. Yang berbeda setelan bawahnya. Saleha memakai sarung berwarna merah, Tafdil memakai celana panjang hitam dipadu sarung berwarna biru, sementara Burhanuddin juga memakai celana panjang hitam yang dibalut sarung berwarna merah di pinggangnya.

Banyak yang menarik saat tiga mantan Pj Bupati Bombana ini hadir di perayaan HUT Bombana. Saat mereka turun dari mobil menuju tenda upacara, mereka disambut aparatur sipil negara (ASN) yang masih tetap mengidolakan ketiga mantan kepala daerah ini. Ada yang datang mendekati Sitti Saleha, Tafdil, Burhanuddin hingga Andi Nirwana hanya untuk beruluk salam, berbincang-bincang hingga meminta swafoto.

Tiga mantan Bupati Bombana ini juga terlihat mendatangi satu persatu dan bersalaman dengan undangan yang ditemui. Sitti Saleha misalnya, begitu tiba di tempat upacara, ia berkeliling beruluk salam dengan ASN yang pernah dipimpinnya. Dia juga bahkan datang menyalami Bupati senior, Tafdil dan istrinya Andi Nirwana.

Begitu juga dengan Burhanuddin dan Fatmawati Kasim Marewa. Usai menyalami setiap undangan yang ditemui, Burhanuddin juga terlihat datang menemui dan beruluk salam dengan Saleha, Tafdil, Andi Nirwana, Ketua DPRD Arsyad dan Forkopimda Bombana. Melihat suasana akrab itu, Sitti Saleha kemudian beranjak dari tempat duduknya.

Pj Bupati Bombana periode 2016-2017 ini kemudian mengajak Tafdil dan Burhanuddin untuk berfoto bersama. “Sinimi kita berfoto. Jarang kita ketemu seperti ini. Sekarang lagi momennya,” kata Saleha. Tiga mantan bupati ini pun berpose bersama. Para undangan yang melihat pemandangan langkah itu, terlihat semringah. Meraka seolah mengagumi kebesaran hati para pemimpin itu.

Pertemuan tiga mantan bupati Bombana ini, terjadi disela-sela menunggu kehadiran Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto untuk memimpin upacara HUT Bombana ke-20. “Pj Bupati sudah datang. Upacara sudah mau dimulai,” kata Burhanuddin, kepada Saleha dan Tafdil. Ketiga mantan Pj Bupati Bombana ini pun mengikuti acara HUT Bombana di kursi masing-masing yang tidak berdekatan.(*)

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU