Dirut Bank Sultra Terpilih jadi Ketua IKA Perikanan UHO

88
Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif (empat dari kanan) berfoto bersama steering coomite usai terpilih menjadi Ketua IKA Perikanan dan Kelautan UHO dalam Mubes ke-3 yang digelar Sabtu, 19 November 2022. Foto : Ist

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Kesibukan Abdul Latif kini bertambah padat. Sabtu, 19 November 2022 kemarin, dia terpilih sebagai Ketua Ketua Ikatan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo periode 2022-2025. Dengan tambahan jabatan itu, Abdul Latif kini punya sederet tanggung jawab yang harus ia emban. Selain dipercaya oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Kepala daerah 17 kabupaten dan kota di Sultra sebagai Direktur Utama Bank Sultra, dia juga memegang berbagai tanggung jawab lain, salah satunya adalah Ketua Asosiasi Futsal Sulawesi Tenggara.

Tentu saja banyak energi dan pikiran yang akan ia keluarkan untuk melakoni berbagai kesibukannya tersebut. Sebagai orang nomor satu di Bank Sultra, tentu ini tidak mudah buat Abdul Latif, karena bagaimanapun, semua tanggungjawab yang ada dipundaknya saat ini merupakan sebuah amanah.  “Insya Allah, saya siap menjalaninya. Meski memang tidak akan mudah, tapi semua tanggungjawab yang diberikan semua berjalan seimbang dan baik,” kata Abdul Latif soal sederet kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Abdul Latif merupakan Alumni Perikanan Universitas Haluoleo (kini Halu Oleo). Dia masuk perikanan tahun 1995 dengan program studi Manajemen Sumber Daya Perairan (MSP). Setelah menyelesaikan studi di Perikanan, Abdul Latif mengabdikan diri di dunia Perbankan. Sampai November tahun 2022 ini, jabatan tertinggi yang diraih di dunia perbankan adalah sebagai Direktur Utama Bank Sultra.

Abdul Latif terpilih sebagai Ketua IKA FPIK UHO melalui sidang pleno Musyawarah Besar (Mubes) ke III yang berlangsung Sabtu (19/11) malam. Dia terpilih melalui musyawarah mufakat. Abdul Latif menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dari seluruh perwakilan Alumni yang telah memberikan amanah kepada dirinya untuk memimpin orgamisasi Ikatan Alumni Perikanan Universitas Halu Oleo untuk tiga tahun ke depan. “Terima kasih atas amanah dan kepercayaan yang diberikan ke saya, mari bersama-sama kita besarkan oraganisasi kita ini dalam bingkai silaturahmi sehingga mampu memberikan banyak input untuk kemajuan institusi kita bersama yaitu UHO dan lebih luas lagi dapat berkontribusi kepada daerah dan bangsa,” kata Latif usai terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni Perikanan UHO.

Alumni Perikanan dan Kelautan UHO berpose bersama dengan Ketua IKA terpilih Abdul Latif. Foto : Ist

 

-IKLAN-

Direktur Utama Bank Sultra ini juga meminta dukungan dari pengurus pengurus serta seluruh Alumni untuk bersama-sama membesarkan organisasi, ia juga menyampaikan niatnya untuk  merangkul dan mengakomodasi aspirasi dari seluruh alumni. Abdul Latif bilang. terlaksananya Mubes  ketiga yang dihadiri ratusan alumni merupakan cerminan bahwa Alumni Perikanan UHO sudah besar dan patut diperhitungkan. Selain itu, merupakan cerminan dari alumni yang kompak dan berdaulat.

Dimasa mendatang Latif berharap dapat membawa Alumni-alumni FPIK UHO semakin berkontribusi di tingkat nasional khususnya di bidang Kelautan dan Perikanan.  Bangkit berjaya sektor  Perikanan dan Keluatan di Sulawesi Tenggara dan Indonesia tutup Latif.

Ketua steering committee Mubes III IKA FPIK UHO, Irdam Riani mengatakan, pemilihan ketua IKA Perikanan dan Kelautan berjalan cukup alot. Sejak proses pendaftaran dibuka, mulanya terdapat tiga calon yang mendaftar. Mereka adalah Ibrahim, Abdul Latif dan Parno. “Setelah hari H Mubes bertambah satu lagi yang mendaftar yakni La Ode Kamsir,” kata dosen FPIK UHO ini, Minggu, 20 November 2022.

Saat Mubes digelar, keempat kandidat ketua IKA Perikanan dan Kelautan ini diberi kesempatan melakukan musyawarah mufakat untuk menentukan siapa ketua yang ditunjuk. Namun ruang musyawarah tidak tercapai hingga pihaknya memutuskan menskors pelaksanaan musyawarah untuk istrahat. Penghentian sementara ini rupanya dimanfaatkan keempat kandidat untuk melanjutkan musyawarah. Kurang lebih dua jam berembuk, keempat calon akhirnya bermufakat memilih Abdul Latif sebagai ketua. Kesepakatan ini disampaikan dalam forum melalui juru bicara calon tertua yakni, Parno.

MUbes ke-3 IKA Perikanan UHO. Foto : Ist

 

Irdam mengatakan, Abdul Latif menjadi Ketua IKA Perikanan UHO ketiga. Dia akan mengemban amanah sebagai ketua ribuan Alumni Perikanan UHO hingga tiga tahun kedepan. “Sejak Perikanan dibuka di Universitas Halu Oleo tahun 1994, tercatat 4100 orang Alumni Perikanan dan Kelautan. Data ini hingga Oktober 2022,” kata Alumni Program Studi Manajemen Sumber Daya Perikanan angkatan 1994 ini. Perempuan berhijab ini bilang, dengan terpilihnya Abdul Latif sebagai ketua IKA Alumni Perikanan, Idam berharap ketua terpilih mampu membentuk jejaring dan merangkul semua Alumni dari berbagai angkatan.

Penulis dan editor : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU