Muhammad Yusuf, Budiman dan Bahri jadi Pj Bupati Buteng, Busel dan Mubar

3.417
Sekda Sultra Asrun Lio bersama gubernur dan sekda dari sejumlah provinsi berada di Kemendagri untuk menerima SK Pj Bupati dan Walikota. Foto : Asrun Lio for LS

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Surat Keputusan (SK) penetapan penjabat Bupati tiga Kabupaten di Sulawesi Tenggara sudah dikantongi Sekretaris daerah Asrun Lio. Tiga nama yakni Muhammad Yusuf, La Ode Budiman dan DR Bahri dipastikan menjadi Penjabat Bupati Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Busel) dan Muna Barat (Mubar).

Asrun Lio memang belum memberi bocoran nama-nama penjabat Bupati di tiga daerah itu. Alasannya usai menerima SK tersebut dari Sekretaris Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Asrun akan menyerahkan terlebih dahulu kepada Gubernur Ali Mazi.
Meski begitu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini bilang jika nama-nama tiga penjabat bupati di Sultra ini sudah diketahui lebih awal oleh wartawan lenterasultra.com.

Sesuai sumber yang dihimpun wartawan media online lenterasultra.com di Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra), penjabat Bupati di Sultra berasal dari tiga lembaga berbeda. Ada dari  pejabat pusat, dari Pemerintah provinsi dan Pemerintah daerah (Pemda). Dari tiga nama ini, ada yang diusulkan Gubernur Sultra Ali Mazi tetapi ada juga yang tidak melalui usulan gubernur.

Nama DR  Bahri, S.STP.,M.Si disebut masih menguat menjadi Penjabat Bupati Mubar. Alumni Sekolah Tinggi Pendidikan Dalam Negeri (STPDN) tahun 1998, saat ini menjabat sebagai Direktur Perencanaan Keuangan Daerah, Bima Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri. “Informasi yang beredar saat ini, nama Bahri menjadi calon kuat penjabat Bupati Muna Barat,” kata salah satu pejabat eselon dua Pemprov Sultra saat ditemui di kantor gubernur,” Rabu (20/5/2022).

-IKLAN-

Sementara nama Muhammad Yusuf disebut-sebut menguat menjadi Penjabat Bupati Buton Tengah. Pria yang akrab disapa La Yoker ini menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Sultra. Muhammad Yusuf juga pernah menjabat sebagai kepala BPBD di Kabupaten Buton Tengah. Sedangkan nama La Ode Budiman disebut menguat menjadi penjabat Bupati Buton Selatan. Saat ini La Ode Budiman menjabat sebagai Sekretaris Daerah Buton Selatan.

Dari tiga nama yang menguat menjadi Penjabat Bupati Busel, Buteng dan Mubar ini, ada yang  masuk dalam sembilan nama yang  diusulkan Gubernur Sultra ke Kemendagri namun ada juga tidak. Informasi yang dihimpun lenterasultra.com, untuk Penjabat Bupati Mubar tiga nama yang diusul merupakan pejabat eselon dua di Pemprov Sultra. Mereka adalah La Ode Hidayat (Kasat Pol PP) Pemprov Sultra,  La Ode Muhammad Nurjaya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta La Ode Rusdin, Kepala Biro Pembangunan Setda Sultra.

Untuk Kabupaten Busel tiga nama yang diusul jadi Penjabat Bupati kabarnya juga berasal dari pejabat struktural di Pemprov Sultra. Mereka adalah Muhammad Djudul, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, La Haruna, Kadis Perkebunan dan Hortikultura serta Usnia, Kepala Biro Ekonomi. Sedangkan di Buteng yang diusul juga berasal dari pejabat Pemprov Sultra. Mereka adalah Muhammad Yusuf Kepala BNPB, Pahri Yamsul (Kadis Cipta Karya) serta dr Putu Agustin Kusumawati Kadis Kesehatan.

Reporter dan redaktur : Adhi

 

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU