Bupati Muna, Rusman Emba Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

496
Bupati Muna LM. Rusman Emba menerima piagam penghargaan dari Kepala BKBBN RI, Hasto Wardoyo di Kendari. Foto : Humas for Lenterasultra.com

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Bupati Muna LM. Rusman Emba menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Hasto Wardoyo. Rusman dinilai sukses dalam menjalankan program pengendalian penduduk dan keluarga berencana di otoritanya.

Rusman menerima perghargaan tertinggi dari BKKBN itu pada Jumat, 25 Maret 2022. Piagamnya diserahkan langsung Muh. Rizal Martua Damanik, Kepala Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan, BKBBN RI. Juga disaksikan Lukman Abunawas, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara.

Penghargaan Manggala Karya Kencana meliputi tiga indikator penilaian. Antara lain aspek administrasi, komitmen dan capaian kinerja dalam meningkatkan keikutsertaan masyarakat pada program KB. Rusman dianggap berhasil karena memasukkan indikator sasaran KB dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Selain itu, Rusman berkomitmen memberi dukungan operasional dalam program KB yang dialokasikan melalui APBD. Sedangkan capaiannya yang dinilai sukses antara lain pada total fertility rate (TFR), contraceptive prevelence rate (CPR), penurunan unnmet need, dan meningkatnya capaian peserta KB baru.

“Peningkatannya naik sampai 80 persen,” kata Bupati Muna melalui Kepala Bagian Humas dan Komunikasi Pimpinan, Sekretariat Kab. Muna, Ali Syadikin.

Ali Syadikin menambahkan, Bupati Muna, LM. Rusman Emba mengapresiasi dukungan organisasi perangkat daerah, Camat dan Kepala Desa yang sudah bekerja penuh dalam pengendalian penduduk di Muna. Penghargaan itu menjadi pelecut semangat agar capaian program KB di tahun kedepan lebih baik lagi.

(Ode)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU