Vaksinasi Lansia di Kendari Meningkat jadi 62 Persen

154
Pelaksanaan vaksinasi pada lansia. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Vaksinasi kelompok lanjut usia (Lansia) di Kendari kini semakin meningkat dibandingkan pada bulan November 2021. Data tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum. Ia mengatakan, terjadi peningkatan cukup signifikan sampai 11 persen, pada Jumat (17/12/2021).

“Tiga pekan lalu baru 50 persen, sekarang sudah sampai 61 persen, jadi cukup signifikan peningkatannya,” ujarnya.

Meski demikian, ia mengakui masih ada lansia yang takut untuk divaksinasi karena adanya komorbid, padahal kata Rahmi, tidak semua komorbid tidak bisa ikut vaksinasi.

“Tidak semua komorbid itu tidak bisa divaksin. Datang saja ke layanan vaksinasi, kan ada nanti dokter yang menskrinning apakah bisa di vaksin atau tidak”, jelasnya.

Di tempat terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, peningkatan vaksinasi untuk lansia tersebut tak terlepas dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

Related Posts

” Sudah mulai meningkat, orang tua kita (lansia) sudah mulai sadar bahwa vaksin merupakan salah satu cara untuk bisa terlepas dari pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Apalagi, kata Sulkarnain, kelompok Lansia merupakan kelompok yang rentan untuk terpapar wabah tersebut sehingga harus mendapatkan perhatian yang khusus.

Untuk itu, ia menghimbau kepada lansia beserta keluarganya untuk dapat melaporkan diri sendiri maupun oleh keluarga untuk segera mendapatkan layanan vaksinasi.

“Sudah di instruksikan kepada ketua RT/RW, lurah, camat, untuk menghimbau warganya terutama lansia untuk berbondong-bondong mendapatkan vaksin,” tutupnya.

Reporter: Nurhayatul Islamia

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU