Langkah Senyap China, Bangun Kapal Selam Bersenjata Nuklir Terbesar di Dunia

1.703

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – China secara senyap dilaporkan sedang membangun kapal selam super canggih, ‘Submarine of the Gods”. Kapal ini mampu membawa torpedo bertenaga nuklir yang sangat besar.

Kapal selam sepanjang 210 meter dan lebar 30 meter itu diduga berasal dari kelas ‘Type-100 Sun Tzu’ dan diluncurkan dari galangan kapal Bohai di Huludao pada 1 April. Selain torpedo besar, kapal selam tersebut juga dikatakan membawa 48 rudal balistik, menjadikannya kapal selam bersenjata terberat di dunia.

BACA JUGA:  Transaksi Pasar Grosir di Indonesia Diproyeksi Rp2.456 Triliun, Terbesar ke-4 di Asia

“Kapal selam baru itu diharapkan menjadi daya tarik utama parade militer besar-besaran di Beijing sebagai bagian dari perayaan 100 tahun Partai Komunis China Juli ini,” tulis laporan berita militer, Naval News, dikutip Rabu (7/4/2021) .

Dikutip dari asiatoday.id, Laporan berita bahwa China memiliki kapal selam raksasa yang dijuluki ‘dewa kapal selam’ baru-baru ini dikonfirmasi tidak benar dan hanya lelucon April Mop, South China Morning Post melaporkan kemarin. Menurut Global Times, laporan portal militer tersebut penuh dengan kesalahan termasuk model, jenis kapal selam, dan nama yang tidak sesuai dengan tradisi dan pola nasional Chin.

“Tujuan pembuatan kapal selam dalam rangka peringatan 100 tahun Partai Komunis China juga tidak masuk akal karena militer telah menginformasikan bahwa China tidak akan mengadakan pawai tahun ini,” kata Global Times.

BACA JUGA:  Pelantikan Wakil Wali Kota Kendari Tertutup untuk Media

Sementara itu, seorang anggota militer China yang menolak disebutkan namanya mengatakan tuduhan bahwa itu adalah kapal selam Type-100 juga palsu.

“Masih panjang jalan bagi China untuk mengembangkan kapal selam Type 095 dan Type 096 (inilah Type 100),” katanya. (ATN)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU