Indonesia Dorong Mesir dan Negara Afrika Perluas Kerjasama Ekonomi

15

 

KAIRO, LENTERASULTRA.COM – Indonesia mendorong kerja sama bilateral ekonomi dan kerja sama multilateral dalam mengatasi pandemic Covid-19. Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Lutfi Rauf mengungkapkan hal itu saat berbicara pada “the 13th Egypt Economic Forum” baru-baru ini. Lutfi Rauf menjadi satu-satunya Duta Besar di luar kawasan Afrika yang diundang sebagai pembicara dalam forum ekonomi tahunan Mesir tersebut.

Dikutip dari asiatoday.id, forum bertemakan “Egypt the Gateway to Exports to Middle East dan Africa after Corona Crisis” bertujuan untuk mendapatkan masukan dari pejabat pemerintah, pelaku usaha dan komunitas internasional untuk peningkatan ekspor Mesir dan implementasi perjanjian perdagangan Mesir dengan negara di Afrika dan Eropa serta proses negosiasi perjanjian perdagangan dengan negara mitra lainnya. Para pembicara memiliki pandangan yang sama bahwa Mesir merupakan negara yang strategis dalam perdagangan regional maupun internasional baik secara letak geografis maupun potensi ekonomi.

Secara geografis, Mesir melalui Terusan Suez menjadi jalur pelayaran perdagangan barang dunia yang utama menghubungkan Kawasan Asia, Afrika dan Eropa.

BACA JUGA:  Ikuti Imbauan Kapolri, Polres Muna Bakal Bubarkan Kampanye Dalam Jumlah Besar

Di bidang perdagangan, meski dalam kondisi pandemi Covid-19, Indonesia dan Mesir mampu menjaga pertumbuhan positif volume pertukaran perdagangan antar kedua negara yang mencapai USD1,184,918.5 pada tahun 2020, naik 3,2 persen dari USD1,148,163 pada tahun 2019. Bahkan perdagangan kedua negara pada bulan pertama tahun 2021 (Januari) juga menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan dengan nilai USD 159,49 juta atau naik 61,31 persen dibandingkan dengan periode Januari 2020 yang hanya mencapai USD 98,87 juta.

Di bidang investasi, terdapat sejumlah perusahaan joint venture yang produknya telah dipasarkan untuk negara di kawasan Afrika dan Eropa seperti produk kaca, mie instan dan kopi. Undangan Duta Besar Indonesia untuk memberikan pandangan kerjasama ekonomi Indonesia-Mesir dalam the 13th Egypt Economic Forum 2021 menunjukan perhatian besar Mesir terhadap Indonesia di bidang ekonomi dan kontribusi Indonesia dalam kerjasama multilateral mengatasi Covid-19. (ATN)
Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU