Waspada, Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Sultra Mencapai Empat Meter

294
Ketinggian gelombang di wilayah perairan Sultra yang harus diwaspadai. Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Badan Meteorologi, Klimation dan Geografika ( BMKG) Stasiun Maritim Kendari mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang yang bisa mencapai ketinggian 2,5 hingga 4 meter. Gelombang tinggi ini diperkirakan terjadi pada 6 hingga 12 April 2021.

Prakirawan Cuaca BKMG Stasiun Maritim Kendari, Faisal mengatakan, gelombang tinggi ini disebabkan adanya sirkulasi udara dan pola angin. Selain itu gerakan pola angin di wilayah perairan Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari timur laut-timur dengan kecepatan angin berkisar 5 sampai 30 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di wilayah Perairan Baubau bagian utara dan selatan, Perairan Wakatobi bagian barat dan timur serta Laut Banda Timur Sultra bagian selatan. Kita harapkan kepada masyarakat yang tinggal dan saat ini beraktivitas di daerah pesisir, sekiranya dapat selalu waspada karena daerah tersebut berpotensi terjadinya gelombang tinggi,” kata Faisal.

Iamenambahkan, saat ini masyarakat khususnya para nelayan harus ekstra waspada terhadap cuaca buruk. Terutama keselamatan saat berlayar.(B)

Reporter: Sri Ariani

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU