Motor Listrik Nasional, GESITS Mengaspal di Kendari

582
Motor GESITS yang siap dipasarkan di Kota Kendari. Foto : Adhi

KENDARI, LENTERASULTRA.COM
Skuter listrik buatan anak bangsa, GESITS, akhirnya muncul di kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kendaraan roda dua hasil kolaborasi PT WIKA Industri Manufacture dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini, bakal segera mengaspal lebih jauh di jazirah Bumi Anoa.

Dealer Network Asosiate PT WIKA Industri Manufaktur, Prasetyo Primandaru sudah memperkenalkan motor listrik produk dalam negeri itu, kepada sejumlah wartawan dan warga kota Kendari. Kata Prasetyo,
motor GESITS atau Garasindo Electric Scooter Institut Teknologi Sepuluh November, merupakan motor scooter listrik yang didesain hampir sama dengan motor konvensional pada umumnya.

BACA JUGA:  12 Jam Dirawat, Pasien Positif Covid-19 Asal Kecamatan Kadia Meninggal

Hadir sebagai motor listrik, maka kendaraan ini tidak memiliki tanki bahan bakar, yang ada hanya ruang untuk menyimpan baterai sebagai sumber dayanya. Tempatnya, sama dengan tempat bensin motor konvensional yakni dibawah jok. “Jadi yang berbeda  hanya penggeraknya. Jika motor konvesional  menggunakan bahan bakar bensin, maka motor listrik menggunakan baterai atau energi listrik sebagai penggeraknya, ” kata Prasetyo, saat bedah motor Gesits di kantornya, jalan Syech Yusuf, Kelurahan Korumba, Kota Kendari, Kamis (25/6/2021).

Komponen motor GESITS ini sekitar 85 persen dari dalam negeri, hanya 15 persen diimpor dari luar negeri. Motor scooter listrik ini dibekali baterai berdaya 5.000 Watt atau 5 Kwh. Bila baterai diisi penuh, GESITS mampu menempuh jarak hingga 50 kilometer dan kecepatan hingga 70 km/jam. Sedangkan untuk melakukan pengisian daya bateai membutuhkan waktu antara 2 sampai 3 jam.

BACA JUGA:  Pemuda di Konsel Tak Sadarkan Diri Usai Diterkam Buaya

Dari segi maintenance, motor GESITS hampir minim perawatan. Sebab, komponen pendukung kendaraan listrik ini hanya motor (dinamo), controller dan baterai. Motor pabrikan anak bangsa ini, tidak memakai oli, karbulator, busi seperti motor konvensional lainnya. “Untuk varian warna, motor listrik ini hadir dalam tiga vmwarna yakni, merah, putih dan hitam,” ungkap Prasetyo.

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU