Butur jadi Kabupaten Pertama yang Berhasil Ekspor Mete di Awal 2021

377

 

 

Kepala Karantina Pertanian Kendari , N Prayatno, saat menunjukan kualitas kelapa kopra asal Butur. Ist. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Di awal tahun 2021, Kabupaten Buton Utara berhasil mencuri perhatian. Kabupaten tersebut  menjadi kabupaten pertama di Sulawesi Tenggara yang berhasil melakukan ekspor komoditas pertanian tahun ini. Sebanyak 48 ton mete biji  telah diekspor ke Vietnam melalui Pelabuhan Kendari New Port.

 

Potensi pertanian Buton Utara rupanya bukan hanya mete. Tetapi kabupaten yang baru berusia 11 tahun ini memiliki komoditas pertanian unggulan lainnya. Sebut saja beras organik, kelapa dan pala.  Kepala Karantina Pertanian Kendari, N Prayatno Ginting mengatakan, bahwa komoditas pertanian tersebut telah menjadi andalan petani di daerah tersebut. Namun sayangnya masih sebatas perdagangan domestik antar daerah.

BACA JUGA:  Tujuh Hari Tak Ditemukan, Pencarian Nelayan Batauga Dihentikan

 

“Kami mengetahui hal tersebut kami segera berkunjung kebutur sekaligus juga melihat lebih dekat potensi komoditas pertanian daerah tersebut. Untuk kelapa saat ini dalam satu bulan sudah terbangun hampir 30 solar dome di seluruh kecamatan dengan estimasi produksi kopra putih mencapai 100 ton per bulan, 20 ton arang per bulan dan menyerap 500 ribu butir kelapa per bulan” tegasnya. (B)

 

BACA JUGA:  18 Pasien Covid-19 di Buteng Bakal Ditangani Puskesmas

Reporter: Sri Ariani

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU