45 Paus Pilot Terdampar di Jatim, Tiga Berhasil Diselamatkan

295

 

Warga memeriksa bangkai paus pilot yang terdampar di pantai di Bangkalan, di Pulau Madura, Jumat, 19 Februari 2021.
Warga memeriksa bangkai paus pilot yang terdampar di pantai di Bangkalan, di Pulau Madura, Jumat, 19 Februari 2021. Ist. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Hanya tiga dari 45 paus pilot bersirip pendek yang berhasil diselamatkan setelah terdampar di perairan dangkal di lepas pantai timur laut Pulau Jawa, dekat Pulau Madura.

Ketiga paus tersebut didorong kembali ke laut oleh para sukarelawan dan pihak berwenang setempat, Jumat (19/2) dari sebuah pantai di Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

BACA JUGA:  15 Anggota TNI Ditahan Terkait Penyerangan Polsek Kulisusu dan Satlantas Polres Butur

Camat Modung Heri Arifin mengatakan paus-paus yang terdampar itu rata-rata memiliki panjang tiga meter. Sejumlah nelayan yang menjadi saksi mata mengatakan, kawanan paus itu terlihat bergerak tak tentu arah seperti keracunan sebelum terdampar di pantai. Para nelayan yang melihat situasi itu kemudian melaporkan ke petugas.

Paus-paus itu dilaporkan mulai terdampar di pantai itu, Kamis (18/2), sekitar tengah hari waktu setempat.

BACA JUGA:  Diguyur Hujan, Satgas Covid-19 Mubar Tetap Jaga Ketat Wilayah Perbatasan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab kematian paus-paus itu sementara bangkai mereka akan dikuburkan di sekitar pantai.

“Para sukarelawan yang membantu penyelamatan paus mengatakan bahwa beberapa paus yang berhasil didorong ke laut kembali ke pantai karena induk mereka masih terdampar di pantai,” kata Khofifah.

Menurut data Whale Stranding Indonesia, tahun lalu ada 59 kejadian terdampar di Indonesia, sebagian besar di antaranya duyung dan lumba-lumba pemintal. [ab/uh]

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU