Seleksi Anggota Polri Sumber Sarjana Dibuka, 15 Kualifikasi Pendidikan Diterima

7.058

 

 

Pengumuman pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Seleksi calon perwira polisi atau yang lebih dikenal Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) mulai dibuka pendaftarannya pada 7 hingga 24 Januari 2021. Dalam seleksi ini Polri menetapkan 15 kualifikasi atau program studi (prodi) bagi setiap pemuda-pemudi yang bercita-cita menjadi anggota polisi.

 

Adapun kualifikasi pendidikan yang akan diterima dalam SIPSS tahun anggaran 2021 ini yakni  Untuk pendidikan Strata 1 (S1) profesi diantaranya Kedokteran yang meliputi dokter umum dan dokter gigi),  psikologi, biologi, teknik informatika yang meliputi programming atau jaringan, sistem informasi, desain komunikasi visual atau desain grafis, teknik penerbangan, teknik elektro, dan teknik metalurgi. 

 

BACA JUGA:  KPU Sultra bakal Tes Tertulis dan Wawancara  Penjaringan Badan Ad Hoc Pilkada 2020

Ada pula untuk sarjana dari program studi,  hubungan internasional, sastra Bahasa Cina dan Bahasa Perancis, pendidikan olah raga dan pendidikan kurikulum, farmasi apoteker, ilmu komunikasi yang meliputi public relation, jurnalistik, dan perpajakan.

 

Sementara untuk kualifikasi pendidikan diploma (D IV) yaitu ahli nautika tingkat III, ahli teknika tingkat III, dan ketatalaksanaan angkutan laut atau pelabuhan.

 

Untuk batasan usia bagi pendaftar yakni 38 bagi peserta dari kualifikasi pendidikan Kedokteran Gigi Forensik. 36 tahun bagi S1/S2 Profesi atau berkompetisi tertentu.  Berusia 29 tahun bagi S1 profesi dan berusia maksimal 26 bagi S1/D IV.

 

Selain itu, para pendaftar juga harus memiliki tinggi badan dan berat badan yang ideal untuk calon anggota polri. Untuk tinggi badan minimal bagi peserta pria yakni 158 cm dan 155 cm bagi wanita.

BACA JUGA:  Bupati Buteng Ultimatum Penggunaan Anggaran Covid-19 Harus Transparan dan Tepat Sasaran

 

Untuk kualifikasi pendidikan S1 dan D IV tidak diperbolehkan mendaftar bagi yang sudah pernah menikah. Namun khusus untuk pendaftar dari S2 profesi dan S1/S2  yang memiliki kompetensi penerbangan maka diperbolehkan mendaftar meskipun telah menikah.

 

Bagi peserta yang lulus nantinya akan menjalani pendidikan perwira selama enam bulan di Akpol Lemdiklat Polri, Semarang, Jawa Tengah, dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA). (C)

 

Reporter: Laode Ari

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU