Selama Pandemi Covid-19, Polda Sultra Fokus Tiga Penanganan Utama

512
Kapolda Sultra, Irjen Polisi Yan Sultra Indrajaya Foto : SS Power Point Press Release Polda Sultra tahun 2020

KENDARI, LENTERASULTRA.COM– Pandemi Covid-19 sudah sembilan bulan melanda Indonesia termasuk Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Selama wabah ini terjadi, Polda Sultra juga turut berperan penting dalam penanganan virus Corona. Selain melibatkan ratusan personilnya dalam satuan tugas Covid, institusi pimpinan Irjen Yan Sultra Indrajaya ini, juga menempatkan anggotanya melakukan tugas mulia yakni pemulasaran, penjemputan, pengamanan, pengawalan hingga pemakaman jenazah Covid-19.

“Sejak Covid-19 ditemukan di Sultra, sudah lebih 90 jenazah Covid-19 yang dimakamkan oleh personil Polda Sultra,” kata Irjen Yan Sultra Indrajaya saat menggelar press release tahun 2020, bersama pimpinan media, organisasi wartawan di aula Dhacara Polda Sultra, Kendari, Kamis (31/12/2020). Selain itu, selama pandemi Covid-19, Yan Sultra menegaskan bahwa jajaran Polri all out mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Mantan Kapolres Bombana ini bilang, ada tiga fokus utama penanganan Covid-19 di Polda Sultra. Pertama penurunan kasus terkonfirmasi positif, kedua peningkatan angka pemulihan dan yang ketiga adalah penurunan angka kematian. Dari tiga fokus penanganan ini, salah satu masalah utama yang dihadapi adalah, adanya masyarakat yang setengah patuh bahkan tidak patuh terhadap protokol kesehatan (Prokes).

Polda Sultra pun mengambil langkah dengan mendorong perubahan perilaku guna meningkatkan kepatuhan prokes. Mulai dari melakukan giat preemtif. Diantaranya, memberikan tindakan berupa hukuman, nasehat dan dorongan kepada mereka yang tidak dan setengah patuh serta memberikan edukasi terkait manfaat dari menerapkan prokes.

BACA JUGA:  58 Persen Wilayah Indonesia Sudah Zona Hijau Covid-19

Pihak Polda Sultra juga kerap melakukan kegiatan edukasi, sosialisasi dan mitigasi. Untuk edukasi, salah satunya adalah mendatangi peserta didik pada seluruh satuan pendidikan dan menyiapkan materi pendidikan publik. Sementara untuk sosialisasi, sasarannya adalah masyarakat umum dengan penuhenekanan pada keluarga, ibu dan remaja. Sedangkan mitigasi, ditekankan pada kelompok masyarakat dan wilayah dengan tingkat kepatuhan prokes yang sangat rendah.

Selama pandemi Covid-19 di Sultra, Polda Sultra juga melakukan berbagai kegiatan lain dalam menekan dan memutus rantai penyebaran virus Korona. Diantaranya, pembentukan kampung tangguh sebanyak 65 kampung,  pengawalan dan penguburan jenazah Covid-19, sebanyak 94 jenazah, pembagian alkes sebanyak 283.151 kegiatan, pembagian sembako sebanyak 743.440 kilogram yang tersebar dalam 175.454 kegiatan serta membuka dapur umum dengan 646 kegiatan.

Polda Sultra juga memfasilitasi karantina rumah sakit Bhayangkara, operasi penegakan disiplin dengan melibatkan Pemda, TNI dan Polri,  serta tidak memberikan surat tanda izin keramaian sesuai maklumat Kapolri.

Selain itu, Polda Sultra juga menggelar berbagai operasi. Mulai dari operasi aman Nusa dan operasi yustisi . Operasi ini melibatka ratusan personil. Sasarannya, penegakan disiplin prokes. Selama pandemi Covid tercatat 76.473 jumlah kegiatan yang sudah dilaksanakan. Dari ribuan giat itu sambung Yan Sultra, pihaknya bersama Satuan Polisi Pamong Praja dan TNI, telah memberikan sanksi berupa teguran lisan sebanyak 85.985, tulisan 7.757.

BACA JUGA:  Profil Kapolda Sultra Yan Sultra,  Memiliki Jiwa Sosial Tinggi, Berpengalaman di Reserse, Pernah Mengungkap Kasus Bom Bali

Tidak hanya itu, sanksi penutupan tempat usaha juga diberikan kepada 22 pengusaha, memberikan sanksi sosial sevanyak 29.928  serta memberikan denda administrasi kepada 4 orang.

Mengingat pandemi Covid-19 ini masih terus berlanjut, Kapolda mengingatkan kepada seluruh warga Sulawesi Tenggara untuk tetap patuh terhadap protokel kesehatan dengan menerapkan 3M setiap beraktivitas. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Menjelang pergantian tahun yang tinggal menghitung jam, Kapolda menghimbau kepada seluruh penduduk Bumi Anoa, untuk  cukup merayakan dengan aman bersama keluarga di rumah masing-masing. “Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga kita semua bisa beraktifitas dengan normal seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Kapolda.

Penulis : Adhi

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

 

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU