Rujab Bupati Bombana Jadi Klaster Baru Covid-19, Satu Penghuni Terkonfirmasi Positif

496

 

Bupati Bombana Haji Tafdil menerapkan protokol kesehatan setiap menghadiri acara di Pemkab Bombana. Selain rutin memakai masker, Tafdil juga kerap menjaga jarak dan mencuci tangan dengan hand sanitizer. Foto : Adhi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Transmisi penularan lokal Covid-19 di Kabupaten Bombana kian mengkhawatirkan. Tidak hanya sejumlah institusi pemerintah dan penegak hukum, rumah jabatan (rujab) Bupati Bombana juga menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Hal ini menyusul ditemukannya satu penghuni rumah dinas Bupati, yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Bupati Bombana, Haji Tafdil membenarkan hal ini. Katanya, satu orang pegawai rujab diketahui terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab yang dilakukan akhir November lalu. “Saya ini tinggal di rujab dengan banyak personil di dalam. Jadi rawan terpapar. Makanya berinisiatif lakukan swab massal. Lebih tiga puluh orang yang ikut. Dari hasil itu (swab), ternyata ada satu orang yang terpapar,” kata Tafdil, usai peresmian gedung perpustakaan dan arsip Kabupaten Bombana, Selasa (16/12/2020).

Tafdil mengaku, inisiatif melakukan swab massal itu, sebagai upaya mengidentifikasi dan memutus penyebaran covid-19 dilingkungan rumah jabatan. Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Bombana ini bahkan mengaku, jika swab di tempat tinggalnya itu dilakukan selama dua kali dalam kurun waktu sembilan hari.

BACA JUGA:  Covid-19 Dimata Masyarakat Adat Hukaea Laea Bombana dan  Cara Pencegahannya

“Swab pertama dilakukan akhir November. Hasilnya terlambat keluar sehingga terjadi kontak. Setelah terjadi kontak, baru pengumuman keluar (hasil swab pertama). Ternyata positif. Akhirnya saya suruh ulang lagi (swab kedua) tanggal sembilan Desember. Alhamdulillah, mereka yang sudah kontak negatif Covid-19,” sambungnya.

Bupati Bombana dua periode ini mengatakan, khusus stafnya yang terpapar Covid-19, suami Andi Nirwana, anggota DPD RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tenggara ini, langsung diinstruksikan untuk melakukan isolasi mandiri. Apalagi yang bersangkutan termasuk pasien yang tidak mengalami gejala apapun.

Dan Bupati bersukur, karena setelah melakukan perawatan di rumah, “pembantu”nya itu, sudah sehat dan pulih dari Covid-19. Dan saat ini, rumah jabatannya, sudah steril dari kasus Covid-19. “Insya Allah, Covid-19 sudah terputus di rumah jabatan Bupati,” katanya.

BACA JUGA:  Infeksi Covid-19 Melonjak di Filipina, Indonesia Masih Tertinggi di Asia Tenggara

Masih meningkatnya Covid-19 di Bombana menjadi perhatian serius Bupati Tafdil. Dia pun menghimbau kepada seluruh masyarakatnya, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M. Mulai dari wajib memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta selalu menjaga jarak setiap beraktifitas. (Ads/Adhi)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU