Langsung Cair! Ini Beda Pinjam Uang Online dengan Bank

1.210

 

Pernah mencoba mengajukan pinjaman uang di bank tetapi terus ditolak dan membutuhkan waktu sangat lama? Sebagai alternatif kamu bisa pinjam uang online hanya melalui aplikasi. Pinjol kini cukup ngetrend di banyak kalangan masyarakat. Tapi bedakan juga dengan aplikasi pinjaman untuk cicilan belanja, karena pinjol menyediakan uang tunai kepada semua nasabah. 

 

Perbedaan yang dimiliki pinjol dengan pinjaman di bank bukan sekedar kemudahan dan kecepatan saja. Baik itu dari segi syarat hingga prosesnya sangat berbeda. Inilah yang membuat pinjaman online lebih banyak diminati. Cermati apa perbedaan kedua layanan pinjaman ini sebelum memutuskan ke mana kamu ingin melakukan pinjaman. 

 

Perbedaan Pinjam Uang Online dari Bank

 

Pinjaman online adalah dalam Financial Technology atau Fintech yang banyak diminati khususnya masyarakat Indonesia. Tak hanya penggunanya, banyak juga perusahaan yang bersaing untuk meluncurkan produk ini. Semakin tingginya kebutuhan mendesak masyarakat seperti dana pendidikan, cicilan kendaraan hingga rumah membuat produk ini jadi laris. Apalagi jika dibandingkan dengan pinjaman di bank. 

 

Ada beberapa perbedaan antara pinjam uang online dengan pinjaman uang di bank. Apa saja itu? Perbedaan berikut ini bisa jadi pertimbangan sebelum kamu menentukan di mana harus meminjam. 

  • Proses pengajuan dan lama waktunya

Pengajuan di bank membutuhkan waktu yang lama karena prosesnya perlu pengecekan langsung. Waktu yang lama ini bisa memakan satu hingga dua bulan jam kerja. Pinjol bisa lebih cepat, kamu bisa meminjam dalam hitungan hari atau minggu saja. Karena proses peninjauan dilakukan secara online sesuai dokumen yang telah dipenuhi. 

  • Syarat-syarat peminjam yang harus dipenuhi

Dokumen yang dipenuhi sebagai syarat peminjaman di bank lebih banyak. Bahkan harus dengan slip gaji dan dokumen penyerta lain secara detail. Cukup sulit bagi pekerja freelance untuk memenuhi syaratnya. Sebaliknya pinjam yang online memberikan syarat lebih ringan cukup Kartu Tanda Penduduk saja dan bukti penghasilan. 

  • Bunga angsuran dan tenor

Bunga bank lebih rendah namun jumlah pinjaman lebih tinggi, bersamaan dengan tenor yang cukup lama. Sedangkan pinjol biasanya memberikan bunga lebih tinggi karena belum ada aturan khusus mengenai bunga. Kamu harus pandai memilih pinjaman uang online terpercaya yang menawarkan bunga rendah. 

  • Risiko dan jaminan

Mau pinjam uang 10 juta tanpa jaminan? Kamu bisa mendapatkannya hanya di pinjaman online. Berbeda jika meminjam di bank yang mengharuskan kamu memberikan jaminan sebagai agunan yang jumlahnya senilai dengan pinjaman Misalnya saja sertifikat rumah atau BPKB kendaran. 

Tunaiku yang jadi aplikasi pinjol terpercaya menawarkan berbagai kemudahan bagi kamu yang ingin mendapatkan dana dengan cepat. Berbeda dengan pinjaman di bank, Tunaiku yang merupakan produk dari PT Amar Bank tidak memberikan banyak syarat kepada nasabah. 

 

Sebagai gambaran, syarat yang dibutuhkan untuk melakukan pinjaman di Tunaiku adalah KTP, usia 21 tahun ke atas, memiliki rekening bank dan Warga Negara Indonesia (WNI). Siapapun kamu baik itu freelancer, pegawai tetap atau kontrak bisa mengajukan pinjaman dengan proses cepat, dana pun akan langsung cair. 

Bagi kamu yang berencana pinjam uang online, Tunaiku bisa jadi aplikasi yang bisa langsung diunduh dengan gratis. Kini pengajuan pinjaman bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan. Tunaiku menjaga keamanan semua data nasabah sehingga tidak akan disalahgunakan. Data yang dikumpulkan hanya untuk keperluan layanan verifikasi, mencegah penipuan hingga peningkatan layanan. Kamu pun tak perlu khawatir untuk mendaftar karena Tunaiku adalah aplikasi yang aman.

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU