24 Hari, 80 Warga Bombana Terpapar Covid-19

388
Heryanto, Juru bicara percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bombana. Foto : Dok LS

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) melonjak drastis. Dalam waktu 24 hari, terjadi penambahan 80 kasus positif Corona.

Juru bicara Satuan tugas Covid-19 Bombana, Heryanto A Nompa membenarkan kasus Covid-19 di bekas otorita pemekaran Kabupaten Buton itu terus melesat. Namun begitu, hingga akhir Desember ini, warga Bombana yang terpapar virus Korona tersisa 19 orang.

“Dalam sebulan terakhir, kasus Covid di Bombana memang mengalami peningkatan. Tidak cukup sebulan, 80 orang terkonfirmasi positif.  Alhamdulillah, dari jumlah tersebut, tersisa 19 orang yang masih menjalani karantina mandiri. Selebihnya sudah sembuh dan telah beraktifitas kembali,” katanya.

Heryanto mengaku, peningkatan tersebut merupakan lonjakan kedua kasus Covid-19 di Kabupaten Bombana. Sebab diawal-awal virus Corona ditemukan di daerah itu, sebanyak 70-an warganya juga terpapar Covid-19. Meski begitu, Satgas Covid-19 Bombana berhasil keluar dari daerah tertinggi penyebaran Covid-19 dengan zero Corona.

Menurut ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bombana ini,  peningkatan kasus Covid-19 di Bombana terjadi karena kerja keras tenaga surveilans dalam melakukan tracking kontak. Begitu mendapatkan pasien yang terkonfirmasi positif, tenaga surveilans dari Dinas Kesehatan langsung melakukan tracking setelah itu dilanjutkan dengan swab test.

BACA JUGA:  PT Antam jadi Garda Terdepan Tangani Korban Bencana Banjir Konut

“Dalam kurun satu bulan, sedikitnya empat kali dilakukan swab test di Bombana. Dari sinilah terjadi penambahan Covid-19,” kata Heryanto. Ketua DPW PPNI Sulawesi Tenggara ini mengaku, dari 80 orang yang terpapar Covid-19 dalam waktu 24 hari ini, hampir semuanya tidak memiliki gejala. Pasien yang terkonfirmasi positif ini, kemudian dilakukan isolasi mandiri.

BACA JUGA:  Antisipasi Demonstrasi Susulan, Sejumlah Personil Polisi dan TNI Disiagakan di PT VDNI

Meski kasus Covid-19 di Bombana sudah melandai, Heryanto mengingatkan kepada seluruh warga Bombana untuk tidak lengah. Dia pun meminta warga Bombana untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M. Yakni selalu memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. “Insya Allah, jika protokol kesehatan ini dipenuhi, kita akan terhindar dari Covid-19,” ungkap Heryanto mengingatkan. (Ada/Adhi)

satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU