Nakes dan Anggota Polri jadi Kluster Baru Pasien Covid-19 Bombana

372
Kadis Kesehatan Bombana, dr Sunandar, MM.Kes

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM–  Kabupaten Bombana, Sulawesi Tengara (Sultra) gagal mempertahankan zona hijau penyebaran Covid-19. Buktinya, kasus terkonfirmasi positif Corona virus disease 2019 (Covid-19) di darah itu, terus bertambah. Hanya dalam hitungan sehari saja, kasus baru melonjak drastis.

Juru bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bombana, Heryanto Ahmad Nompa mengatakan, tambahan 16 kasus baru terkonfirmasi positif di Bombana, merupakan hasil pelacakan kontak dari kasus sebelumnya. “Sebagian lagi dari rapid tes reaktif dan setelah ditindaklanjuti swab, hasilnya positif,” kata ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sultra ini,

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, dr Sunandar, MM.Kes mengatakan, tambahan 16 pasien baru terkonfirmasi positif merupakan klaster dari tenaga kesehatan (nakes) dan  anggota kepolisian dari Polres Bombana. Rinciannya, 10 orang dari nakes dan 6 orang dari Polres Bombana. Belasan pasien Covid-19 ini tengah menjalani isolasi mandiri.

Untuk pasien dari nakes, mereka umumnya menjalani karantina di rumah masing-masing. Sementara anggota Polri, dua orang menjalani isolasi di asrama rumah susun Polres Bombana, dua menjalani karantina di rumahnya, satu orang jalani perawatan di RS bhayangkara dan satu orang lainnya menjalani isolasi di Bapelkes, Kendari. “Diluar Polri, nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19, merupakan nakes dan anggota keluarga dari Puksesmas Poleang Utara dan Lombakasih,” sambungnya,.

Kepala Pengendali Operasional Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bombana ini menambahkan nakes di dua puskesmas yang terkonfirmasi poisitif Covid-19 sebagian besar didominasi tenaga bidan. Mereka terpapar Corona virus saat memberikan pertolongan kepada salah satu pasien ibu hamil yang terkonfirmasi positif.

Sementara tenaga kesehatan lain yang positif Covid-19, terpapar dari keluarganya, saat berada di kota Kendari. “Dalam waktu dekat kami akan segera melakukan contact tracking kepada keluarga nakes maupun angota Polri yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkap Sunandar. (Ads/Adhi)

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

 

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU