Bertambah 16 Orang dalam Sehari, Pasien Positif Covid-19 di Bombana menjadi 26 Orang

305

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, Sultra, dr Sunandar, MM.Kes

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Kasus penularan Covid-19 di Sulawesi Tenggara masih terus bertambah ditengah-tengah masyarakat. Bahkan di Kabupaten Bombana dalam sehari mengalami penambahan yang cukup tinggi, padahal beberapa hari terakhir sempat landai. Per Selasa (25/11/2020), terjadi penambahan 16 kasus positif Covid-19. Dengan demikian, jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di Bombana menjadi 141 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 112 orang dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia. Data ini dihimpun dari info Covid-19 dari Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara pertanggal 25 November 2020. Dokter Sunandar, kepala pengendali operasional satuan tugas (Satgas) percepatan, penanganan Covid-19 Kabupaten Bombana mengatakan, dengan adanya tambahan 16 kasus Covid-19 baru di Bombana, maka pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan berjumlah 26 orang.

“Sebelumnya, ada 10 kasus Covid-19 yang masih dalam perawatan. Karena ada tambahan 16 orang, maka total pasien Covid dalama perawatan menjadi 26 orang,” katanya. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana ini mengatakan, 26 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini tengah menjalani perawatan isolasi mandiri. Ada yang di rumah masing-masing di Bombana, ada juga yang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara hingga menjalani perawatan di Bapelkes Kendari.

BACA JUGA:  Jalani Idul Fitri di Ruang Isolasi, Pemda Mubar Belikan HP Santri Gontor yang Positif Covid-19

Sunandar bilang, seluruh pasien terkonfirmasi positif dan menjalani perawatan di rumah masing-masing diwajibkan mematuhi panduan yang mengacu pada Centers for Disease Control and Preventiton.

Diantaranya, selama isolasi mandiri, pasien terkonfirmasi positif tetap berada dalam rumah. Pasien hanya boleh keluar rumah untuk mendapatkan pertolongan medis. Pastikan beristrahat dan minum air putih dengan cukup, serta konsumsi obat-obatan yang direkomendasikan dokter.

Kedua, pisahkan diri dari orang lain. Usahakan pilih ruangan yang jauh dari jangkauan keluarga lain. Serta gunakan kamar mandi dan ruangan terpisah dengan orang lain. Tempat makan, minum juga harus dipisahkan. Lakukan konsultasi kesehatan secara online bersama dokter guna memperoleh tindakan medis lanjutan. Serta jangan lupa, informasikan gejala Covid-19 secara rinci kepada dokter.

BACA JUGA:  Kapal Pencari Ikan Bocor di Perairan Wakatobi

Gunakan masker dengan benar. Jika sendirian dalam ruangan tidak perlu menggunakan masker. Serta ikuti tata cara batuk dan bersin dengan benar. Tutupi batuk dan bersin menggunakan tisu, serta buang tisu bekas ditempat sampah. Bersihkan tangan sesering mungkin, serta hindari berbagi barang rumah tangga. “Piring, gelas minum, cangkir, peralatan makan, handuk, tempat tidur atau barang pribadi lainnya harus terpisah,” ungkap Sunandar. (Ads/Adhi)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU