Awasi Penyakit Tidak Menular untuk Tetap Produktif dan Aman dari Covid-19

455
Dialog produktif awasi penyakit tidak menular untuk tetap ptoduktif dan aman dari Covid-19. Foto: Ist.

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Selain penyakit Covid-19, warga Negara Indonesia juga masih harus waspada dengan terhadap penyakit tidak menular yang tergolong mematikan di Indonesia, agar tetap produktif dan aman dari Covid-19. Catatan kasus meninggal akibat Covid-19 di Indonesia, yang disertai penyakit penyerta atau komorbid sebanyak 90 persen. Hal ini di jelaskan oleh dokter spesialis dalam, Candra Wiguna, yang dikutip pada laman Republika.co.id (5/11/2020).

“Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan beberapa bulan ini menunjukkan total pasien yang menderita Covid-19 yang bergejala berat, bahkan sampai meninggal dunia. Ternyata lebih dari 90 persen di antara mereka juga memiliki komorbid. Selain itu kematian juga bisa terjadi akibat penderita sudah lanjut usia,” ujarnya saat mengisi konferensi virtual BNPB bertema Cegah Covid-19 pada Orang dengan Komorbid, Kamis (5/11/2020).

Duta Adaptasi dan Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro, juga menyampaikan bahwa menurut catatan laporan Menteri Kesehatan Indonesia, penyakit penyerta kasus meninggal Covid-19 antara lain adalah, hipertensi, diabetes, kanker dan penyakit jantung.

“Dari catatan tersebut dapat dikatakan penyakit menular bukanlah hak yang enteng. Selain penyakitnya yang serius, biaya pengobatannya juga sangat mahal, dan tentu merenggut hari produktif para pasien dan keluarga yang merawat,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Vitto Anggarino Damay, bahwa untuk menghindari hal-hal buruk tersebut, pola hidup sehat menjadi penting untuk diterapkan.

“Kuncinya adalah bagaimana kita bergerak, karena dengan bergerak imunitas bisa meningkat, karena imunitas juga kan terdiri dari sel saraf kekebalan tubuh. Nah sel saraf kekebalan tubuh ini akan lebih lancar dan lebih bagus apabila kita bergerak, dan pastinya pompa jantung juga akan kebih baik,” jelasnya. (Ads/Ilma)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU