Pemda Buteng Daftar 6.092 Pelaku UMKM sebagai Penerima BLT Banpres

1,075
Kepala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Buton Tengah Abdul Karimin. Ist.

BUTON TENGAH, PENTERASULTRA.COM – Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tahap awal telah mendaftarkan 6.092 pelaku UMKM yang tersebar di tuju kecamatan. Hal ini dilajukan agar mereka mendapatkan Bantuan Langsung Tunai Bantuan Presiden (BLT Banpres) sebesar Rp2,4 juta.

Kapala Bidang UKM Dinas Koperasi dan UMKM Buteng, Abdul Karimin mengatakan, 6.092 warga yang telah diusulkan program tersebut. Sebagian besar telah melakukan pencairan dan sebagian lainnua masih dalam proses. Namun sayang, sampai saat ini pihaknya belum memiliki data rekapan dari pusat, terkait jumlah yang menerima dan yang tidak menerima dari usulan tahap pertama yang dikirim.

“Jadi hanya info-info dari masyarakat saja yang saya dengar, ada yang sudah masuk uangnya dan ada yang belum, tapi kalau data pastinya kami belum punya,” ujarnya, Selasa (3/10/2020).

Untuk saa ini, Pemda Buteng akan mendata para pelaku UMKM yang belum sempat terdata pada tahap pertama dengan jangka waktu hingga minggu kedua November 2020.

“Saat ini kami sudah bersurat dan sementara kami rekap dari data yang diusulkan oleh pihak kecamatan dan kelurahan,” sambungnya.

Adapun tata cara atau mekanisme pendaftaran untuk mendapatkan BLT Banpres, yakni pelaku UMKM cukup melengkapi data-data seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap beserta kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), alamat tempat tinggal, bidang usaha, dan nomor telepon serta surat keterangan usaha dari desa atau kelurahan.

Syarat lainnya, pelaku UMKM sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI/Polri, ataupun pegawai BUMN/BUMD.

Reporter: Ali Tidar

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU