Sehari, Dua Jenazah Dimakamkan dengan Protokol Covid-19

305
Personil Polisi dari Polda Sultra saat memakamkan perempuan 73 tahun di TPU Punggolaka, Kendari, Jumat (30/10/2020). Foto-Ist

KENDARI, LENTERASULTRA.COM–  Personil polisi dari Direktorat Samapta Polda Sultra kembali menjalankan tugas kemanusiaan. Di penghujung bulan Oktober ini, tim pemakaman jenazah Covid-19 Polda Sultra, memakamkan dua jenazah dari rumah sakit Bahteramas, Kendari, dengan protokol kesehatan  Corona Virus Disease (Covid)-19.

“Hari ini, ada dua pasien lagi kami makamkan dengan protokol Covid-19,” kata AKBP Amirullah perwira pengendali lapangan (Pamdal), tim pemakaman, pengamanan dan pengawalan (Pamwal) jenazah Covid-19 Polda Sultra, Jumat (30/10/2020). Kepala bagian (Kabag) Binops Direktorat Samapta Polda Sultra ini menambahkan, kedua pasien yang dimakamkan itu merupakan warga Kota Kendari.

Data yang di dapat wartawan lenterasultra.com, dua warga Kota Lulo yang dimakamkan merupakan wanita berusia 73 tahun dan 29 tahun. Keduanya dimakamkam Jumat (30/10/2020) di tempat pemakaman umum (TPU) Punggolaka, Kendari.

Personil Polda Sultra memberi perlakukan khusus kepada pasien yang meninggal akibat terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelum dilakukan pemakaman, personil Polda Sultra memberikan penghormatan kepada jenazah. Tampak polisi dari Polda Sultra memberi hormat kepada jenazah yang hendak dikuburkan, Jumat (30/10/2020).

Perempuan 73 tahun berasal dari Kecamatan Kadia, sementara wanita 29 tahun dari Kecamatan Kota Kendari. Persiapan pemakaman dua jenazah dari Rumah Sakit Bahteramas dimulai sekitar pukul  08.55 Wita. Pemakaman pertama dilakukan terhadap perempuan 73 tahun

Kegiatan  diawali dengan apel kesiapan gabungan satker terkait yang terdiri dari Direktorat (Dit) Samapta, Bidang Dokter kesehatan (Biddokes), Direktorat lalu lintas (Ditlantas), Satuan Brimob dan Bidang humas, Polda Sultra.

Sekitar pukul 09.15 Wita, tim pemakaman yang dipimpin AKBP Amirullah, melaksanakan prosesi keagamaan (shalat)  terhadap jenazah  oleh personel Dit Samapta  bersama anggota lainnya dan pihak keluarga. Pukul 09.30 Wita melaksanakan pengawalan Jenazah Covid-19 ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Punggolaka, Kota Kendari.

Personil Polda Sultra menurunakan peti jenazah perempuan 29 tahun di TPU Punggolaka, Jumat (30/11/2020). Foto-Ist

Sekitar Pukul 10.00 Wita tim pemakaman kemudian melakukan prosesi pemakaman jenazah perempuan 73 tahun sesuai dengan protokol kesehatan. Sekitar 45 menit kemudian, personil polisi dari Polda Sultra kembali melaksanakan prosesi pemakaman jenazah kedua, perempuan 29  tahun, sesuai dengan protokol kesehatan di Tempat Pemakaman  Umum (TPU) Punggolaka. Sekitar pukul 11.20 WITA Tim  pemakaman dan Pamwal Jenazah Covid-19 Polda Sultra melaksanakan konsolidasi dan kembali ke Kesatuan masing-masing.

BACA JUGA:  Bertambah 1 Kasus Baru, Total Konfirmasi Positif Covid-19 di Sultra jadi 71 Kasus

Amirullah mengatakan, hampir setiap hari timnya melakukan pemakaman pasien Covid-19 dari rumah sakit Bahteramas. Agar korban meninggal dunia akibat Covid-19 tidak terus bertambah, Amirullah menekankan kepada warga Sultra untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M. Yakni selalu memakai masker, menjaga jarak dan selalu wajib mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. “Sejak Covid-19 ditemukan di Sultra, sudah lebih 40 orang warga yang kami makamkan karena terkonfirmasi positif Covid-19. Agar korban meninggal dunia tidak terus bertambah, patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M. Hanya ini obat yang paling mujarab untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 untuk saat ini,” pesan Amirullah. (Ads/Adhi)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Komentar Facebook

-IKLAN-

Get real time updates directly on you device, subscribe now.