Indonesia Kehilangan 253 Tenaga Medis Akibat Covid-19

319

 

Rapid Tes Covid-19 —ilustrasi—

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Pandemi coronavirus (Covid-19) membuat Indonesia kehilangan ratusan tenaga medis.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat, jumlah tenaga medis dan kesehatan yang meninggal akibat terinfeksi Covid-19 saat ini mencapai 253 orang. Dari jumlah ini, 141 berstatus dokter, 9 dokter gigi, dan 103 perawat.

Para dokter yang gugur tersebut yakni 75 dokter umum (5 guru besar), 64 dokter spesialis (5 guru besar), 2 residen yang berasal dari 18 IDI Wilayah (provinsi), dan 66 IDI Cabang (kota/kabupaten).

“Lebih dari satu semester masa pandemi ini, angka kematian tenaga medis dan tenaga kesehatan terus bertambah dan kian mengkhawatirkan. Pandemi Covid-19 telah mengingatkan kita semua tentang peran penting para petugas medis dan kesehatan untuk meringankan penderitaan dan menyelamatkan nyawa masyarakat,” kata Tim Advokasi dan Hubungan Eksternal dari Tim Mitigasi PB IDI, dalam keterangan resminya dikutip Asiatoday.id, Minggu (25/10/2020).

-IKLAN-

Berdasarkan data propinsi, persebaran asal dokter yang meninggal akibat Covid-19 antara lain; di Jawa Timur (35), Sumatera Utara (23), DKI Jakarta (20), Jawa Barat (11), Jawa Tengah (10), Sulawesi Selatan (6), Bali (5), Sumatera Selatan (4), Kalimantan Selatan (4), Aceh (4), Riau (4), Kalimantan Timur (3), Banten (3), Kepulauan Riau (2), Yogyakarta (2), Nusa Tenggara Barat (2), Sulawesi Utara (2), dan Papua Barat (1).

Sementara itu, dilaporkan juga ada peningkatan kasus pelecehan verbal, diskriminasi dan kekerasan fisik pada petugas medis dan kesehatan selama masa pandemi ini.

“Perlindungan dan keamanan para tenaga medis dan kesehatan adalah mutlak diperlukan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. Karena itu, dibutuhkan peran serta pihak-pihak lainnya baik pemerintah pusat daerah, swasta dan para tokoh agama/masyarakat dalam menangani masalah ini,” imbuhnya. (ATN)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

Komentar Facebook

-IKLAN-

Get real time updates directly on you device, subscribe now.