Waspada, Marak Penipuan Mengatasnamakan OJK Sasar Manajer Investasi dan Pelaku Industri Jasa Keuangan

1,061
Modus penipuan yang tengah marak menyasar manajer investasi dan pelaku industri jasa keuangan. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Maraknya aksi penipuan yang mengatasnamakan Pengawas Eksekutif Pasar Modal membuat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) angkat bicara. Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK, Anto Prabowo, mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap penipuan via telepon dan whatsapp yang mengatasnamakan pejabat OJK dan meminta sejumlah uang.

“Sehubungan dengan adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal disertai dengan permintaan sejumlah uang khususnya kepada Manajer Investasi dan Pelaku Industri Jasa Keuangan, maka dengan ini kami menyatakan bahwa pihak tersebut bukan berasal dari Otoritas Jasa Keuangan,” tulisnya melalui rilis resmi.

Ia menambahkan, dalam melaksanakan tugasnya, OJK tidak pernah meminta uang dan data. Terlebih meminta informasi pribadi terkait rekening konsumen industri jasa keuangan kepada siapa pun.

“Untuk itu kami mengharapkan kerja sama semua pihak untuk senantiasa waspada apabila menerima permintaan yang mengatasnamakan OJK, guna menghindari kerugian di kemudian hari,” imbuhnya.

Apabila masyarakat menemukan hal tersebut, ia mengimbau agar segera melaporkan ke kontak OJK 157, layanan whatsapp 081 157 157 157, atau mengirimkan bukti penipuan ke email konsumen@ojk.go.id. OJK akan terus meningkatkan koordinasi dengan aparat penegak hukum, khususnya kepolisian, untuk mengambil langkah pencegahan maupun menindak tegas perbuatan tercela dari oknum tersebut.

Penulis: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU