Cegah Abrasi Pantai, Sejumlah Mahasiswa Inisiasi Penanaman Mangrove

420
Kegiatan penanaman mangrove di Pesisir Pantai Kelurahan Lapuko. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Sahabat Relawan Peduli Sosial Sulawesi Tenggara, melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Kelurahan Lapuko, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, 16 hingga 19 September 2020. Kegiatan go green action ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat pesisir dalam pengembangan serta perbaikan ingkungan dan pelestarian ekosistem mangrove.

“Selama tiga hari berjalan setiap harinya teman-teman relawan menanam sebanyak 300 pohon serta proses pemeliharaan berlangsung selama satu tahun,” ujar Stering Comite Go Green Action Andri.

BACA JUGA:  Dokter Gigi di Konawe Selatan jadi Korban Keganasan Covid-19

Bibit mangrove yang ditanam tersebut diperoleh dari BPDAS Sampara sebanyak 1.000 pohon. Selain penanaman, mereka juga melakukan penyuluhan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya hutan mangrove.

Sementara itu, Lurah Lapuko, Sabarudin, mengucapkan terimakasih atas kegiatan penanaman mangrove oleh para relawan. seperti yang diketahui, di sepanjang pesisir Kelurahan Lapuko kini terkena dampak abrasi.

“Setelah penanaman mangrove otomatis menjadi tanggung jawab kami, wajib bagi pemerintah kelurahan dan masyarakat, untuk menjaga dan merawat  sesuai aturan yang ada serta arahan dari teman-teman relawan,” ungkap Sabarudin.

BACA JUGA:  72 Penumpang Kapal Lambelu Asal Buton Diawasi Ketat

Untuk diketahui kegiatan penanaman mangrove ini diikuti oleh 50 orang relawan yang berasal dari mahasiswa Fakultas Peternakan UHO, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan UHO, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHO, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UHO, dan Universitas Sulawesi Tenggara. (C)

Reporter : Iksan Maligano

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.