Siswa SMAN 2 Kendari Wakili Sultra Bertugas pada HUT-75 RI di Istana Merdeka

755
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2020 di Istana Negara. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda, upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 bakal berbeda dengan sebelumnya. Tak ada perekrutan baru bagi Paskibraka. Tetapi pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) sudah mengantongi nama-nama Paskibraka yang akan bertugas.

Informasi yang dihimpun awak Lenterasultra, petugas Paskibraka yang akan bertugas di peringatan HUT ke-75 RI pada 17 Agustus 2020 di Istana Merdeka adalah putra-putri daerah yang sebelumnya pernah ada di tahun 2019 lalu. Diketahui, dari beberapa nama yang bertugas, hanya delapan orang yang akan diberangkatkan kembali dalam pengibaran bendara pusaka tersebut. Salah satunya berasal dari Sulawesi Tenggara.

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), Asrorun Niam Sholeh, memberikan kode berupa nama provinsi, asal delapan orang Paskibraka tersebut.

“Ada delapan orang, lima laki-laki dan tiga perempuan. Mereka berasal dari Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Aceh, Sumatera Utara, dan Bengkulu,” kata Asrorun Niam Sholeh, dilangir dari Diary Paskibraka.

BACA JUGA:  Imbas Covid-19, Nelayan di Kendari Batal Dapat Bantuan Alat Tangkap

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Tenggara, Asrun Lio membenarkan, tahun ini tidak ada seleksi. Panitia pusat hanya menyeleksi delapan orang terbaik dari pasukan pengibar bendera tahun 2019.

”Alhamdulillah, salah satu yang terpilih Muh Arif Kusuma dari SMAN 2 Kendari. Untuk itu, Dikbud Sultra memberi izin dan patut berbangga atas terpilihnya Muh Arif Kusuma sebagai pasukan pengibar bendera 2020 di Istana Merdeka untuk kedua kalinya,” kata Kadis Pendidikan Sultra tersebut.

BACA JUGA:  Tenggelam saat Melaut, Lansia 80 Tahun Ditemukan Tewas di Pantai Baubau

Sementara itu, salah seorang Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMA 2 Kendari, Endang menuturkan, ia belum mendapatkan info terkait pemberian tugas Paskibraka kepada siswa tersebut. Tetapi dirinya membenarkan Muh Arif Kusuma adalah siswanya.

“Ini siswa saya, tapi sekarang sudah naik kelas XII, tahun lalu dia mewakili Sultra di Paskibraka. Saya belum dapat infonya, nanti ke sekolah saja untuk lebih jelasnya,” ujar Guru PPKN tersebut.

Untuk diketahui, peserta yang bakal bertugas dalam upacara HUT RI ke-75 tersebut saat ini sedang mempersiapkan diri, sebab akan diberangkatkan ke Jakarta, esok (3/08/2020) untuk mengikuti Diklat selama dua pekan kedepan. (B)

 

Reoprter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ruangan komen telah ditutup.

error: Content is protected !!