Jumlah Penumpang Merosot, Kapal Cepat Hanya Sekali Berangkat Per Hari

3.986
Kapal cepat rute Kendari-Raha-Baubau yang kini hanya sekali berlayar dalam sehari. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – PT Pelayaran Dharma Indah yang melayani jasa penyeberangan rute Kendari-Raha-Baubau melakukan perubahan jadwal operasi yang mulai diberlakukan pada esok, Senin (24/08/2020). Kapal cepat Ekspress Cantika 5E, Ekspress Cantika 6E dan Prisilia hanya akan melakukan satu kali pelayaran setiap harinya.

Pemberitahuan ini diumumkan secara tertulis. ‘Diberitahukan kepada penumpang kapal cepat tujuan Kendari-Raha dan Baubau bahwa kapal cepat akan mengalami perubahan jadwal dengan jam keberangkatan 13.00 Wita, pada tanggal, Senin 24 Agustus 2020 (setiap hari)’.

BACA JUGA:  Diduga Korsleting Listrik, Dua Bangunan di Kendari Ludes Dilalap Si Jago Merah

Informasi tersebut dibenarkan oleh salah satu karyawan PT Pelayaran Dharma Indah, Aji, saat dikonfirmasi oleh awak Lenterasultra. Tetapi, ia mengklarifikasi bahwa jam keberangkatan dipercepat satu jam lebih awal dari pengumuman yang dipublikasikan.

“Iya, ada perubahan jadwal. Jam 12.00 Wita berangkat, bukan jam 13.00 Wita. Mulai besok diberlakukan itu, hari Senin 24 Agustus 2020,” ujarnya.

Alasan perubahan jadwal tersebut dikarenakan jumlah penumpang yang melakukan pelayaran di tengah pandemi Covid-19 mengalami penurunan drastis. Dalam kondisi normal, kapal cepat biasa mengangkut menumpang 350-450 orang. Namum di tengah pandemi saat ini hanya sekitar 50-70 penumpang saja.

BACA JUGA:  Pemkot Kendari Gelontorkan Rp3 Miliar untuk Revitalisasi Pasar Lapulu

Sementara itu, sebagai bentuk kepedulian dalam membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dalam memutus mata rantai Covid-19, pihaknya mewajibkan seluruh penumpang agar menaati protokol kesehatan yang berlaku dan membawa beberapa administrasi lainnya.

“Menggunakan masker, membawa hand sanitezer, KTP/SIM yang masih berlaku dan tiket boarding pass,” pungkasnya. (B)

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan 

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU