Dua Pengedar Narkotika Jaringan Lapas Ditangkap, Polisi Amankan Ratusan Paket Sabu

322
Salah satu pelaku pengedar sabu berinisial AW (23) saat menjalani pemeriksaan di Ditresnarkoba Polda Sultra. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Dua pelaku pengedar Narkotika jenis sabu diamankan oleh petugas Ditresnarkoba Polda Sultra. Kedua pelaku yakni AW (21) dan AH (23) ditangkap di dua tempat berbeda, pada Jumat (7/8/2020).

Untuk tersangka AW diamankan di salah satu warung kopi (Warkop) di Kota Kendari, sekitar pukul 19.30 wita. Saat itu petugas tengah menyelidiki adanya laporan transaksi sabu di tempat tersebut. Petugas menduga Warkop tersebut digunakan pelaku untuk mengedarkan sabu dengan sistem tempel.

Kemudian, usai melakukan pengintaian, pria yang berasal dari Desa Lainea ini diamankan beserta barang bukti 21 paket sabu seberat 13,48 gram yang tersimpan di saku celana AW.

Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Sultra, Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman mengungkapkan, saat diinterogasi pelaku mengaku mengedarkan sabu atas perintah seorang napi di Lapas Kendari. Selain itu, AW memperoleh barang haram tersebut dari temannya yang berinisial AH.

BACA JUGA:  Bupati Muna Tegaskan Pasar Laino Tetap Beroperasi

“Pelaku AH ini merupakan gudang penyimpanan sabu milik bosnya yang bernama Imran diduga napi Lapas Kendari,” ungkapnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/8/2020).

Eka menambahkan, dari keterangan pelaku, petugas kemudian melakukan pengembangan guna menemukan AH. Sehingga sekitar pukul 21.30 AH akhirnya ditangkap saat berada di rumah Kost Qarari bertempat Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari. 

“Tempat itu diduga menjadi target AH untuk edarkan sabu,” lanjutnya.

Diduga saat itu pelaku membawa 20 paket sabu untuk diedarkan di rumah Kos Qarari. Kemudian, petugas melakukan penggeledahan di kos AH yang  bertempat di Jalan Orinunggu, Kecamatan Kambu. Ditempat tersebut petugas kembali menemukan beberapa paket sabu dengan berat mencapai 117 gram.

BACA JUGA:  Tenggelam saat Melaut, Lansia 80 Tahun Ditemukan Tewas di Pantai Baubau

“Saat dilakukan penggeledahan, hasilnya ditemukan 160 paket sabu. Guna kepentingan Apenyidikan, tim membawa tersangka serta barang bukti ke Mako Ditresnarkoba,” tambahnya.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Subs Pasal 112 ayat (2) Undang Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. 

“Ancamannya paling singkat enam tahun dan maksimal 20 tahun penjara,” pungkasnya. (B)

Reporter: Laode Ari

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU