Positif Covid-19 di Makassar, Tiga Anggota DPRD Buteng Bakal Pulang Naik Pesawat

1.475
Foto: Ilustrasi.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Tiga anggota DPRD Buton Tengah (Buteng) positif Covid-19 yang kini berada di Kota Makasar dikabarkan akan pulang pada Kamis (30/07/2020) menggunakan transportasi udara. Hal ini disampaikan oleh Sekertaris Dewan (Sekwan) Buteng, Burhanuddin Udu.

“Mereka ini sudah mau pulang. Rencananya hari Kamis tapi lebih awal mereka pulang,” ujarnya.

Alasannya, mereka masih mengantongi hasil rapid tes dengan hasil nonreaktif yang diperoleh dari Kota Baubau pada Jumat (24/07/2020). Rapid test ini pula yang digunakan ketiganya untuk meloloskan diri berkunjung ke zona merah Covid-19, Kota Makassar.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dr. La Ode Rabiul Awal menegaskan, untuk menghindari adanya penyebaran Covid-19 di Sulawesi Tenggara ketiganya tidak boleh dipulangkan dan harus menjalani isolasi di Kota Makasar.

BACA JUGA:  Rusun Bungkutoko Tidak Layak Huni, Karantina Santri Gontor Dipindahkan di Hotel

“Seharusnya isolasi di Makasar saja. Dikarantina di tempat dia berada, saat hasil konfirmasi diketahui, supaya penularan terhenti,” tegas Dokter Wayonk saat dikonfirmasi awak Lenterasultra, Selasa (28/07/2020).

Merujuk pada protokol kesehatan Covid-19, Anggota DPRD tersebut seharusnya tidak melakukan perjalanan. Seyogianya, setelah hasil rapid tes keluar dan dinyatakan reaktif, mereka wajib menjalani masa isolasi mandiri sembari menunggu hasil swab keluar. Terlebih lagi, jika hasil swab positif Covid-19, dimanapun mereka berada sebaiknya isolasi di tempat tersebut.

Untuk diketahui, pada Hari Selasa (21/07/2020) tiga anggota DPRD tersebut melakukan rapid tes di Buteng dengan hasil reaktif. Pada saat itu juga mereka dilakukan swab. Sambil menunggu hasil swab tersebut, mereka melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.

Empat hari kemudian, tepatnya tanggal 24 Juli, mereka kembali melakukan rapid test di Baubau dan hasilnya nonreaktif. Bermodalkan hasil rapid tes tersebut, keesokan harinya pada tanggal 25 Juli, mereka melakukan perjalanan dinas ke Makasar.

BACA JUGA:  Petani di Kolaka Tetap Panen di Tengah Pandemi Covid-19

Sehari di Makasar, hasil swab yang dilakukan pada tanggal 21 Juli keluar dan dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu (26/07/2020). Namun kini dikabarkan mereka akan pulang ke Buteng. Belum diketahui pasti penerbangan yang akan digunakan oleh ketiganya. (A)

 

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ruangan komen telah ditutup.

error: Content is protected !!