Bebaskan Buta Huruf AL Quran, Guru di Mubar Berjuang Kumpulkan Bantuan untuk Santri TPA

509
Muh. Azan saat memberikan Al Quran dan Iqra di salah satu TPA di Muna Barat. Foto: Istimewa.

MUNA BARAT, LENTERASULTRA.COM – Merasa terpanggil karena kondisi Taman Pendidikan Al Quran (TPA) di Kabupaten Muna Barat yang memprihantikan, salah seorang guru di SMAN 1 Raha, Muh. Azan membagikan ratusan Al Quran dan Iqra. Dikatakan Muh Azan, beberapa TPA di daerah tersebut masih minim Al Quran dan bahan bacaan lainnya. Akibatnya, ratusan santri harus bergantian menunggu giliran untuk bisa melanjutkan bacaan dan hafalan mereka.

“Saya melihat banyaknya anak-anak yang mengaji ini berganti-gantian. Ternyata Al Quran yang mereka pakai ini hanya beberapa saja. Makanya saya berinisiatif untuk mencarikan bantuan,” kata Guru Bahasa Inggris tersebut.

BACA JUGA:  Geger Virus Corona, Pengiriman TKA ke Sultra Dihentikan

Melalui bantuan dari teman dan sahabat karibnya, usaha pemuda tersebut membuahkan hasil. Ratusan Al Quran, iqra dan buku hafalan ayat-ayat pendek terkumpul dalam beberapa pekan terakhir. Dirinyapun langsung menyalurkan bantuan tersebut.

Sementara itu, salah seorang Kepala TPA Hanifa, La Liu mengatakan sangat bersyukur menerima bantuan tersebut.

“Alhamndulillah ada bantuan. Kami dan 60 lebih santri di sini sangat terbantu sekali,” ujarnya.

BACA JUGA:  Dalam Enam Hari, Satu Keluarga di Kendari Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Tak berhenti sampai I sini, Muh. Azan juga menelusuri masih terus melakukan perjuangannya dengan mengunjungi beberapa lagi, dan hasilnya sama. Ia pun akan terus mengumpulkan buku-buku kitab suci dan keagamaan agar seluruh anak-anak di Mubar bisa mempelajari agama Islam dengan fasilitas yang lebih baik lagi.  (C)

 

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU