Korban Angin Puting Beliung di Muna Bakal Dapat Bantuan Rehab

678
Kepala Pelaksana BPBD Muna, Laode Ikbar Rifai. Foto: Istimewa.

MUNA, LENTERASULTRA.COM – Bencana alam yang terjadi di Desa Kombakomba, Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna, mendapat perhatian khusus dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muna. Diketahui angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu (19/07/2020) memporak-porandakan tujuh rumah warga. Tercatat dua rumah rusak parah, tiga rusak sedang dan dua rusak ringan.

Kepala Pelaksana BPBD Muna, Laode Ikbar Rifai mengatakan, setelah terjadinya bencana angin puting beliung di Desa Komba-Komba, pihaknya langsung turun meninjau langsung kelokasi kejadian untuk mendata berapa jumlah rumah yang menjadi korban.

“Yang didata itu ada tujuh rumah yang jadi korban angin puting beliung yakni Idul Azis, Halidin, La Taangi, Wa Jija, Hafrudin, waode Daerah dan La Halufi. Data itu kemudian diusulkan ke Pemkab untuk segera mencairkan bantuan, karena memang ada dana bantuan tak terduga (BTT),” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (21/07/2020).

Ikbar Rifai menambahkan, untuk pemberian bantuan tinggal melihat bagaimana kebutuhan korban. Jika sudah ada masyarakat yang membeli kebutuhan bangunan sendiri, kemungkinan uangnya akan digantikan. Sedangkan yang belum membeli bahan bangunan maka akan diberi bahan bangunan.

“Bahan bangunan berupa kayu, seng, papan dan alat bangunan lain yang diperlukan. Kisaran Anggaran yang dibutuhkan kurang lebih 50 juta,” tandasnya. (C)

 

Reporter: Fifhy

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU