Muna Barat Masuk Daftar 38 Daerah di Indonesia yang Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19

792
38 Daerah yang mampu meredam Covid-19 kabupaten/kota menjadi zona hijau. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Kabupaten Muna Barat (Mubar) menjadi satu-satunya daerah di Sulawesi Tenggara yang masuk dalam daftar 38 daerah yang dianggap berhasil menekan laju pertambahan dan angka kematian akibat Covid-19. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Tim Pakar Gugus Tugas, Wiku Adisasmito, saat pemaparan langsung di Istana Kepresidenan, Kamis (25/06/2020).

Dalam kegiatan yang ditayangkan oleh salah satu TV swasta tersebut, Wiku Adisasmito sangat mengapresiasi seluruh kinerja di 38 kepala daerah yang berhasil menangani penyebaran Covid-19.

“Ini adalah keberhasilan ASN, pimpinan daerah yang mengamankan masyarakatnya dan bisa menekan kasus-kasus baru dan tidak ada yang meninggal, dan ini adalah prestasi yang luar biasa,” katanya.

BACA JUGA:  Ngeri, Jumlah Pasien Covid-19 di Sultra Nyaris 1.000 Orang

Kata dia, bagian yang terpenting adalah ternyata daerah-daerah di Indonesia mampu meredam dan menekan laju pernyebaran Covid-19  dari zona kuning ke zona hijau.

Dikonfirmasi secara terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mubar,  Rahman Saleh mengatakan, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari bantuan Bupati Mubar, Rajiun Tumada. Sebab 01 Mubar ini selalu mengintruksikan dan mengambil langkah cepat dalam melakukan deteksi dan pencegahan terhadap wabah tersebut.

“Untuk mempertahankan zona hijau, maka kami tetap melakukan deteksi dan pencegahan pada warga yang berasal dari luar daerah, khususnya zona merah, dengan melakukan screaning dan pemantauan selama masa karantina mandiri,” ujarnya Kamis (25/06/2020).

BACA JUGA:  Anggota DPRD Sultra, LM Marsudi Siap Letakkan Jabatan Jika "Wan Prestasi"

Ia pun mengimbau masyarakat Mubar, agar patuh pada protokol kesehatan dengan berperilaku hidup bersih dan sehat serta tetap menjaga jarak, hindari kontak fisik, hindari kerumunan, tetap menggunakan masker bila berada diluar rumah.

“Bupati Mubar menginstruksikan untuk semua Puskesmas melakukan rapid test pada masyarakat yang melakukan perjalanan, dan memberi layanan kesehatan masyarakat dari luar daerah,” pungkasnya.

 

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU