Tangani 10 Pasien Positif Covid-19, Puskesmas Masteng Kekurangan APD Level 3

408

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM– Puskesmas Mawasangka Tengah (Masteng) menjadi salah satu tempat perawatan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Tercatat 10 penduduk setempat yang dirawat hingga Jumat (22/5/2020). Salah satu kendala yang dihadapi para tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut adalah minimnya Alat Pelindung Diri (APD) level 3 yang dipakai untuk menangani pasien terpapar Covid 19.

Kepala Puskesmas Kecamatan Masteng Samsia mengatakan, persediaan APD level 3 yang dimiliki Puskesmas Masteng saat ini, tersisa 12 pasang dan diprediksi akan habis dipakai hanya beberapa hari saja. Sebab APD tersebut, setiap hari dipakai petugas medis dalam melakukan pemantauan untuk mengetahui perkembangan kesehatan dan pemberian vitamin kepada 10 pasien yang terpapar Covid 19.

“12 pasang itu kalau waktu satu minggu kayaknya tidak cukup mi. APD ini saya perkirakan habis hanya beberapa hari saja, karena habis pakailangsung kami bakar,” tuturnya saat dikonfirmaai oleh rekan media di Puskesmas Masteng, Selasa (19/5) lalu.

Namun, sewaktu-waktu, jika APD level 3 mulai menipis dan kehabisan, maka pihak Puskesmas akan mengkoordinasikan kepada Dinas Kesehatan untuk melakukan penambahan, sehingga persediaan APD tetap ada ditempat.

BACA JUGA:  Hasil Swab Pasien Positif Corona Asal Kendari, Kini Negatif

“Kalau APD level 1 yang digunakan penyemprotan, masih banyak yakni 38 pasang, tapi kalau yang level 3 tinggal 12,” pungkasnya

Ditempat yang berbeda, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buteng Kasman melalui stafnya yang mengetahui semua logistik Laode Abu Bakar, SKM mengatakan, untuk saat ini APD level 3 memang belum ada tambahan karena sementara dalam proses pemesanan. Sedangkan APD level 1 dan 2 sudah cukup memadai, yakni 870 set untuk APD level 1, 70 set untuk APD level 2.

“Semua itu pengadaan dari dinas, sementara bantuan dan sumbangan telah disebar sebelum-sebelumnya disetiap puskesmas. Sebenarnya APD Level 2 ini bisa juga dipakai untuk melakukan tindakan terhadap pasien Covid 19, dan itu tergantung juga bahannya,” tuturnya saat dikonfirmasi oleh rekan media diruang kerjanya, Kamis (21/5/2020)

Untuk APD Level 1 dan 2 yang telah ada saat ini, lanjut Kasman, pihak dinas telah menyalurkannya di semua Peskesmas dan RSUD dengan rincian, APD level 1, yakni RSUD 20, Puskesmas Gu 21, Rahia 20, Wadiabero 20, Lakudo 21, Wamolo 20, One Waara 21, Mawasangka 21, Wakambangura 21, Kanapa-Napa 21, Mawasangka Tengah 51, Watorumbe Bata 30, Mawasangka Timur 21, Sangia Wambulu 21, Talaga 21 dan Dinkes Sendiri 25.

BACA JUGA:  Hadapi Ujian, SDN 76 Kendari Bentuk Kelas Virus dan Corona

Sedangkan pembangian APD level 2 yakni RSUD 20 set, Puskesmas Gu 5, Rahia 2, Wadiabero 2, Lakudo 7, Wamolo 2, One Waara 3, Mawasangka 3, Wakambangura 2, Kanapa-Napa 2, Mawasangka Tengah 5, Watorumbe Bata 2, Mawasangka Timur 2, Sangia Wambuku 3, Talaga 2 dan Dinkes Sendiri 8.

“Jadi sampai saat ini yang tersebar dari pengadaan Dinkes secara keselurahan, yakni APD level dua 70 dan APD Level satu 375 Set, sementara bantuan kami belum hitung, dan sudah disebar kesetiap Puskesmas,” ungkapnya.

Reporter : Ali Tidar
Penulis : Ali Tidar
Editor : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU