Kapolda Sultra Naik Pangkat Jadi Bintang Dua, Wakapolda Raih Bintang Satu

9,376
Kapolda Sultra, Irjen Polisi Merdisyam. Foto- Istimewa

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Kepolisian daerah Sulawesi Tenggara mencatatkan sejarah baru. Menjelang penghujung Ramadan 1441 Hijriah tahun 2020 ini, Polda Sultra resmi memiliki dua perwira tinggi (Pati) berpangkat jenderal. Selain Kapolda, Wakapolda juga menyandang bintang di pundaknya.

Histori ini ditorehkan dimasa kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Jika tak ada aral, bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional, hari ini, Rabu 20 Mei 2020, Tri Brata 1 (TB 1), sebutan internal untuk jabatan Kapolri, akan melaksanakan korps raport kenaikan pangkat pati Polda Sultra.

Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi Merdisyam, Kapolda Sultra saat ini, pangkatnya akan dinaikkan satu tingkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) atau bintang dua. Sementara Komisaris Besar (Kombes) Yan Sultra Indrajaya, Wakapolda naik pangkat menjadi Brigjen Polisi.

Undangan korps raport dua perwira tinggi Polda Sultra ini dikeluarkan, Selasa (19/5/2020) dengan nomor B/1769. Undangan kenaikan pangkat ini ditujukan kepada pejabat utama Polda Sultra dan ditandatangani kepala biro sumber daya manusia (SDM) Polda Sultra, Kombes Sonny Mulvianto Utomo.

Wakapolda Sultra, Brigjen Polisi Yan Sultra Indrajaya. Foto-Istimewa

Dalam undangannya, Kombes Sonny Mulvianto Utomo menyebutkan jika korps raport itu akan dilaksanakan di aula Dhacara Polda Sultra. Sementara acara korps raport akan digelar melalui Vicon. “Rencananya Rabu sore upacara korps raport Pati (perwira tinggi) Polda Sultra. Kapolda dan Wakapolda yang naik pangkat,” kata salah seorang perwira menengah (Pamen) Polda Sultra kepada wartawan lenterasultra.com.

Naiknya pangkat Kapolda dan Wakapolda Sultra setingkat lebih tinggi seiring dengan peningkatan tipologi Polda Sultra dari tipe B menjadi tipe A. Pengukuhan perubahan tipe ini sudah diksanakan di Mabes Polri, Rabu (22/4/2020) lalau bersamaan dengan enam Polda lainnya di Indonesia. Sebulan pasca pengkuhan tersebut, Kapolda dan Wakapolda Sultra kemudian menyusul dikukuhkan dan ditindaklanjuti dengan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Selamat kepada Kapolda Sultra Irjen Merdisyam dan Wakapolda Brigjen Yan Sultra Indrajaya. Semoga Amanah.

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU