73 Santri Gontor Magetan Jalani Karantina di Rusunawa Bungkutoko

1,075
Puluhan Santri Gontor Magetan, Jawa Timur tiba di Bandara Halu Oleo, Kamis (14/05/2020). Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Bandara Halu Oleo hari ini, Kamis (14/05/2020) dipadati dengan kedatangan puluhan santri dari Pondok Pesantren Gontor di Magetan, Jawa Timur. Mereka tiba sekitar pukul 11.30 Wita melalui maskapai penerbangan Sriwijawa Air, dengan nomor penerbangan SJ 594.

Humas Bandara Halu Oleo, Andre Sacrizal mengatakan, kedatangan 73 santri tersebut sudah mendapat izin dari pemerintah daerah. Namun setibanya di Bandara Halu Oleo tetap dilakukan protokol kesehatan. Pengecekan kesehatan tersebut merupakan aturan yang wajib dilakukan guna menghindari penyebaran Covid-19.

“Kami berlakukan protokol kesehatan dulu, seperti mengukur suhu tubuh dan pengecekan berkas-berkas,” ujar Andre melalui pesan whatsApp.

Tidak hanya pengecekan suhu tubuh dan berkas-berkas, para santri selanjutnya juga wajib melakukan swab tenggorok dan karantina.  Sebelum hasil swab keluar, mereka tidak diizinkan pulang ke rumah masing-masing.

Wali Kota Kendari, Sulkarnian, yang ikut menyambut kedatangan santri Gontor di Bandara Halu Oleo menegaskan, swab tenggorok akan dilakaukan hari ini juga di RSUD Bahteramas. Selanjutnya mereka akan dikarantina di Rumah Susun Sederhana Sewa Bungkutoko hingga hasil swabnya keluar.

“Untuk sementara mereka akan ditransitkan di Rusun Bungkutoko. Kebutuhan mereka nanti baik makanan dan minumannya akan kita tanggung,” ujarnya. (P11/A)

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU