China Bersiap Hadapi Gelombang Kedua Covid-19, Kota Jia Lockdown Total

539

 

Negara China. –ist–

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah China bersiap menghadapi gelombang kedua pandemi coronavirus (Covid-19) dengan memberlakukan serangkaian  karantina wilayah atau lockdown kota Jia, Provinsi Henan.

Kota Jia berpenduduk sekitar 600.000 diharuskan tinggal di dalam rumah. Bagi warga yang ingin keluar rumah, maka diwajibkan meminta izin, suhu tubuh diukur, dan wajib mengenakan masker selama di luar rumah.

Seluruh kegiatan bisnis juga telah ditutup, kecuali pemasok medis, perusahaan logistik dan perusahaan pengolahan makanan. Seluruh toko kecuali supermarket, rumah sakit, pasar makanan, SPBU, apotik, dan hotel telah ditutup.

BACA JUGA:  China 'Teror' Militer AS dengan Meluncurkan Rudal Penghancur Kapal Induk

Warga yang ingin bekerja juga harus mendapat izin khusus. Mobil juga hanya dapat digunakan untuk hari-hari tertentu tergantung nomor polisinya.

Melansir Asia Today.id, Kota   Jia menjadi kota kedua setelah Wuhan yang mengalami lockdown total akibat pandemi virus Corona.

“Lebih baik tidak datang ke kota Jia sekarang. Tak seorang pun bisa masuk atau keluar,” kata seorang staf transportasi kota Jia mengonfirmasi bahwa kota itu telah diisolasi sebagaimana dilaporkan South China Morning Post, Rabu (1/4/2020).

Setiap keluarga di kota itu juga diminta untuk menugaskan satu orang untuk ke luar rumah ke toko untuk membeli kebutuhan sehari-hari setiap dua hari. Wang kemudian merujuk berita media massa bahwa di kota Jia ditemukan 3 kasus infeksi virus Corona.

BACA JUGA:  Kapal China Serang Kapal Nelayan Vietnam di Laut China Selatan

Seorang dokter yang bekerja di rumah sakit di Jia dilaporkan positif terjangkit virus Corona Sabtu pekan lalu.

Dokter dengan nama keluarga Liu kembali dari Wuhan pada Januari lalu dan melanjutkan tugasnya di rumah sakit itu setelah menjalani isolasi mandiri selama 2 minggu. (ATN)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU