34 Bidang Tanah Milik Pemda Buteng dapat Sertifikat Gratis

78
Penyerahan 34 sertifikat oleh Kepala Kantor Pertanahan Perwakilan Kabupaten Buteng, La Ariki, kepada Bupati Buteng H. Samahuddin. Foto: Istimewa.

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), telah membuat sertifikat 34 bidang tanah milik Pemda Buteng dengan luas 158.686 hektar ditahun 2019 silam. Pembuatan sertifikat ini dilakukan untuk menghindari polemik dan pengklaiman lokasi tersebut oleh masyarakat setempat.

 

Bupati Buteng, H. Samahuddin mengatakan, 34 sertifikat tersebut tersebar di 4 kecamatan dari 7 kecamatan se-Kabupaten Buteng dengan luas area yang berbeda-beda. Diantaranya Kecamatan Gu 10 sertifikat, Kecamatan Mawasangka 16 sertifikat, Kecamatan Mawasangka Tengah 1 sertifikat dan Kecamatan Lakudo 7 sertifikat.

BACA JUGA:  YAICI dan PP Muslimat NU Sosialisasikan Penggunaan SKM yang Tepat

 

“jadi dengan adanya sertifikat tersebut, tanah Pemda tidak diganggu-gugat lagi dan pembangunan di lokasi-lokasi tersebut nantinya bisa lancar tanpa ada hambatan lagi,” tuturnya saat dikonformasi, Senin (23/3/2020)

 

Di kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Buteng, La Ariki mengatakan, 34 sertifikat yang diserahkan ke pihak pertahan saat ini gratisdan  tidak dipungut biaya sedikit pun. Hal ini disebabkan, 34 sertifikat ini masuk dalam daerah kegiatan yang diprogramkan oleh pihak pertanahan.

BACA JUGA:  Antisipasi Covid-19, Pemda Muna Bagikan Masker dan Lakukan Penyemprotan Disinfektan

 

“Ini sertifikat bukan berupa prona tapi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan secara kebetulan tanah-tanah Pemda ini berada di program yang kami lakukan, jadi tidak dipungut biaya, karena ini telah di biayai oleh pemerintah,” jelasnya.

 

Olehnya itu, dengan adanya sertifikat ini, Pemda dapat menggunakan dan memanfaatkannya dengan baik, demi kepetingan umum demi kemajuan daerah kedepannya.

 

“kalau lokasi perkantoran Labungkari belum, tapi sudah diusulkan tahun ini,” pungkasnya. (P3/B)

 

Editor: Wulan

Komentar Facebook