Antisipasi Virus Corona, RSUP Bahtermas Sediakan Ruang Isoalasi dan Ambulance

885

 

Ketgam: PlT Direktur RSUP Bahteramas, dr. Sjarif Subijakto. Foto: Nanan/Lenterasultra

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas sebagai rumah sakit rujukan di Sulawesi Tenggara (Sultra), telah menyiapkan gedung isolasi khusus bagi pasien yang terpapar virus Corona. Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Direktur RSUP Bahteramas, dr. Sjarif Subijakto saat Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Provinsi Sulawesi Tenggar (Sultra) bersama stakeholder terkait di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Sultra, Selasa (28/1/2020).

Dijelaskan Sjarif, gedung isolasi yang disediakan dapat menampung 20 pasien yang terpapar virus corona juga ditunjang dengan penanganan dan sterilisasi ruangan 2×24 jam.

Untuk menangani pasien suspect corona virus, manajemen rumah sakit berplat merah ini menyediakan 20 dokter dan 8 tenaga perawat yang sudah terlatih.

“Ketika ada pasien suspect corona virus akan langsung diarahkan ke ruang isolasi, tanpa harus melalui instalasi gawat darurat (IGD),” ungkapnya.

Terkait dengan hal itu kata dia, sampai saat ini belum ada pasien yang dirawat di RSUP karena kasus corona virus. Namun, lanjutnya terkait adanya wabah penyebaran virus corona masyarakat tidak perlu panik mengahadapi kasus ini. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan saja dengan menerapakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ia juga mengimbau bagi masyarakat yang mengalami gejala seperti demam, batuk kering, demam, sesak nafas, radang tenggorokan, selama 14 hari harap memeriksakan kesehatannya di fasilitas layanan kesehatan terdekat.

“Saya harap masyarakat kalau mengalami gejala di atas harap, periksakan kesehatannya,” imbaunya.

Selain itu, RSUP Bahteramas menyiapkan satu unit ambulance. Mobil Ambulance ini sudah didesain khusus untuk pasien suspect corona.

“Jadi jika ada di lingkungan kita terindikasi corono virus, silahkan menghubungi kami. Ambulance ini akan mobile melayani masyarakat kapanpun dibutuhkan,” pungkasnya. (B)

Reporter: Nanan
Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU