Kasus Karhutla di Koltim, Bupati Akui Sulit Temukan Pelaku

313

 

Tim Manggala Agni saat melakukan proses pemadaman karhutla. Foto: Istimewa

KOLAKA TIMUR, LENTERASULTRA.COM – Hingga kini pelaku Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang terjadi November 2019 belum juga ditemukan. Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah juga mengaku kesulitan mencari siapa pelaku yang diduga terlibat melakukan pembakaran.

“Belum ada pelakunya. Sangat sulit menemukan pelakunya, sebab tidak diketahui siapa sebenarnya yang melakukan pembakaran,”ujarnya saat ditemui akhir pekan lalu.

Kondisi tersebut, kata Tony juga dipengaruhi sejumlah titik-titik api tersebar di beberapa lokasi. Lahan yang terbakar umumnya lahan gambut, dimana tidak begitu nampak di permukaan.

“Jadi bisa saja tidak kelihatan dimana yang menjadi sumber api. Tiba-tiba saja menyebar ke sejumlah lokasi. Ini mirip kita membakar sekam, apinya tidak nampak, tapi di bagian dasarnya justru sudah menyebar, “ujarnya mencontohkan.

Situasi di Koltim sendiri sejak pekan lalu sudah tidak terlihat adanya kabut asap. Selain sudah dilakukan pemadaman dari pihak Manggala Agni DAOPS Tinanggea bersama instansi terkait, hujan yang mulai menguyur di sejumlah wilayah di Koltim, khususnya lokasi kebakaran juga membantu memadamkan titik-titik api.

BACA JUGA:  Polisi Ringkus Pria yang Diduga Pelaku Karhutla di Koltim

“Alhamdulillah hujan yang terjadi beberapa hari lalu sudah memadamkan lokasi yang menjadi sumber api,”tambahnya.

Kasus Karhutla di Koltim menurut Ketua DPD Nasdem Sultra tersebut tidak lepas dari pantauan pemerintah pusat. Salah satu bentuk perhatian berupa bantuan selang air sepanjang 1.000 meter. Tidak hanya itu, bantuan helikopterpun sudah disiapkan untuk menangani Karhutla tersebut.

Penulis: M.Lukman

Komentar Facebook

-IKLAN-

Get real time updates directly on you device, subscribe now.