Indahnya Sungai Desa Ulukalo, Digemari Warga Lokal

3.127

 

Warga yang menikmati mandi di Sungai Ulukalo. Foto: Ilham

KOLAKA,LENTERASULTRA.COM-Menikmati akhir pekan, warga Kecamatan Iwoimendaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, memanfaatkan Sungai Ulukalo yang baru saja dibangun dengan bronjong oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk berwisata bersama rekan dan keluarga, Minggu (15/12/2019).

Warga lokal memilih tempat ini, karena lokasinya yang sejuk dan airnya yang begitu jernih. Selain itu, sungainya yang berbentuk kolam seluas 30 meter dan kedalaman 1 hingga 2 meter yang dikelilingin bronjong sehingga membuat warga tertarik untuk menikmati masa liburnya dengan berenang.

Kalian yang penasaran untuk berkunjung ke Sungai Ulukalo, untuk menghilangkan penat dan stress akibat pekerjaan,  lokasinya tepat di bawah jembatan Trans Sulawesi di Desa Ulukalo, Kecamatan Iwoimendaa, Kabupaten Kolaka.

BACA JUGA:  Demi Kelancaran dan Keselamatan Jelang Nataru, Sopir dan Penumpang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Atira Anugrah (24), salah seorang pengunjung dari Desa Iwoimendaa, mengatakan jika dirinya baru pertama kali mengunjungi lokasi ini. Meskipun baru pertama berendam, namun ia merasa tidak ingin pulang saking segarnya.

“Saya tertarik dengan tempat ini, karena airnya begitu jernih dan hijau, saya juga leluasa untuk berenang karena bentuknya seperti kolam besar, membuat setiap orang yang mengunjungi sungai ini pasti tidak ingin pulang,” tuturnya kepada Lenterasultra.com, Minggu 15/12/2019).

Pengunjung lain, Gustam (25) menuturkan sejak awal sungai ini ramai dikunjungi oleh masyarakat. Adanya pemasangan bronjong di tepi sungai, untuk mencegah terjadinya longsor, karena sebelumnya, tanah yang ada di bagian jembatan pernah longsor dan menyebabkan jembatan Trans Sulawesi yang menghubungkan dua provinsi nyaris putus, sehingga dibuatkan bronjong oleh Pemda setempat.

BACA JUGA:  Polres di Polda Sultra Bertambah Dua, Satu Kapolresnya Didatangkan dari Korps Brimob

“Lokasi ini sebenarnya bukan wisata, hanya warga manfaatkan sungai untuk berenang karena modelnya mirip dengan kolam yang luas, setelah dipasangkan bronjong. Bahkan kadang ada pengendara dari luar daerah rame-rame untuk berenang ke tempat ini karena unik,” tuturnya.

Dikatakannya, setelah ramai dikunjungi oleh pengunjung lokal maupun luar daerah, pemuda Karang Taruna berencana, menjadikan Sungai Ulukalo untuk wisata arung jeram, melihat antusias pengunjung yang setiap hari berdatangan berwisata ke sungai Ulukalo

“Kami sudah musyawarakan dengan pemerintah desa agar lokasi ini mendapat dukungan untuk dijadikan wisata arung jeram,” pungkasnya.

Laporan: Ilham
Editor: Fiyy

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU