Festival Pesona Budaya Tua Buton Masuk Top 100 Calender of Events Nasional 2020

104

 

5000 penari kolosal saat yang membentuk formasi dalam Festival Pesona Budaya Tua Buton. Foto: Istimewa.

BUTON, LENTERASULTRA.COM – Setelah melalui proses panjang, akhirnya upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Buton bersama masyarakat dalam memperkenalkan budaya tua Buton di mata dunia membuahkan hasil. Tahun depan, Festival Pesona Budaya Tua Buton (FPBTB) telah masuk dalam Top 100 Calender of Events (CoE) Nasional 2020.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Zainuddin Napa mengatakan, masuknya FPBTB bersama dengan sejumlah events lainnya di Indonesia telah melalui proses kurasi yang ketat dan melibatkan beberapa kurator yang professional di bidangnya masing-masing.

Iklan

“Alhamdulillah FPBTB masuk dalam 100 Top CoE Nasional 2020, dan ini sudah melalui proses kurasi yang ketat yang melibatkan beberapa kurator yang ahli dibidangnya masing-masing,” kata Zainuddin Napa saat ditemui di kediamannya. (16/10/19).

Zainuddin Napa menambahkan, Menteri Pariwisata, Arief Yahya secara resmi telah meluncurkan 10 Top Event Pariwisata Indonesia dan 100 Top CoE Nasional 2020 di Jakarta pada 15 Oktober 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah kepala daerah beserta Kepala Dinas Pariwisata atau perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia.

“Pak Menteri Pariwisata sudah meluncurkan atau melaunching secara resmi di Jakarta pada 15 Oktober lalu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Festival Budaya Tua Buton pertama kali masuk dalam kalender event bersama dengan Wakatobi Wade pada tahun 2016. Namun pada tahun 2017 s.d 2019, FBTB tidak masuk lagi.

“Entah karena tidak adanya evaluasi dari provinsi maupun tim kurator Kemenpar pada saat itu,” terangnya.

Zainuddin Napa memaparkan kriteria dalam sebuah event skala nasional ini waktu dan tempat tidak boleh meleset. Hal ini agar dapat merangsang promosi yang baik sehingga orang mengetahui sejak jauh-jauh hari, dan akan berdampak pada kunjungan wisman serta peningkatkan budaya kreaktifitas.

Reporter: Safrin
Editor: Wuu

Komentar Facebook