DPD Bakal Diperkuat, Berikut Strategi Jitu Senator Terpilih asal Sultra

728
Tiga Anggota DPD RI asal Sultra Andi Nirwana, Wa Ode Rabia Al Dawia, dan I Dewa Putu Ardika. (RERE/LENTERASULTRA.COM)

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Tiga Anggota DPD RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terpilih yakni Andi Nirwana, Wa Ode Rabia Al Dawia, dan I Dewa Putu Ardika Seputra menyambut baik komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memperkuat peran dan posisi lembaga senator untuk mempercepat terwujudnya konsep pembangunan Indonesia Sentris.

I Dewa Putu Ardika mengatakan, orientasi presiden membangun Indonesia secara menyeluruh dari Sabang sampai Merauke dengan tujuan memajukan kesejahteraan umum sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa, yaitu negara maju dan berdaulat dalam bingkai NKRI serta Pancasila.

“Terkait komitmen presiden untuk penguatan (DPD) itukan sesuai amanah Undang-undangkan. Kami sebagai pendatang baru di DPD harapannya itu semua untuk masyarakat,” tutur I Dewa Putu Ardika ditemui usai kegiatan Orientasi DPD RI Terpilih periode 2019-2024 di Hotel JW Mariot, Jakarta Selatan, Rabu, (18/9/2019).

Hal senada disampaikan oleh Andi Nirwana. Dengan penguatan ini, diharapkan dapat mempermudah realisasi aspirasi masyarakat di daerah.

“Yang terpenting dengan adanya penguatan ini, DPD punya kuku juga yang dianggap oleh kementerian. Sehingga nanti pada saat ada kepentingan daerah melalui gubernur, pemda dan kadis. Mereka kan aksesnya kurang ke kementerian. Mudah-mudahan dengan penguatan ini, DPD bisa menjembatani aspirasi,” ucap Andi Nirwana.

Dalam kesempatan yang sama, Wa Ode Rabia Al Dawia mengaku akan memanfaatkan momentum penguatan DPD ini semaksimal mungkin. Strategi jitunya adalah dengan mengoptimalkan semua potensi yang ada di Bumi Anoa tersebut. Mulai dari sektor pariwisata, perikanan hingga pertanian.

Related Posts

“Jadi kita juga memang harus usahakan, bukan hanya mengharapkan bantuan pemerintah. Kita DPD juga harus aktif cari investor-investor yang mau berinvestasi di Sultra,” imbuh Wa Ode Rabia Al Dawia.

Selain itu, mereka juga kompak akan memperjuangkan sektor pendidikan. Baik dari fasilitas maupun kualitas dari pengajarnya. Sebab, pendidikan adalah infrastruktur dasar dari segala pembangunan.

“Pendidikan sangat penting dan menjadi skala prioritas dengan kesehatan. Pendidikan merupakan infrastruktur dasar,” ucap Andi.

“Karena melalui pendidikan kita juga bisa perbaiki SDM (Sumber Daya Manusia),” timpal Wa Ode Rabia.

Oleh karena itu, sambung Andi lagi, hubungan yang harmonis dengan Pemda dan DPR RI menjadi hal yang penting.

“Jadi kata memperkuat DPD tadi kita harus kuat bermitra dengan pemerintah setempat baik gubernur, bupati dan DPR selaku pihak yang menganggarkan. Karenakan untuk gali potensi daerah kita harus bersinergi dengan semuanya,” pungkas Andi.

Penulis: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU